1

Anatomi Kepala Manusia dan Bagian Bagiannya

Anatomi Kepala – Setiap manusia memiliki akal untuk berpikir. Dan adanya akal merupakan salah satu keutamaan manusia dari makhluk lainnya. Organ pada manusia yang digunakan dalam berpikir adalah otak. Meskipun setiap makhluk hidup memiliki otak tetapi tidak semuanya di gunakan untuk berpikir.

Hanya manusia yang diberi keistimewaan untuk memanfaatkan otak yang dimilikinya untuk memahami dan menyerap informasi yang di dapatkan.

Agar lebih jelas dan lebih mudah dalam memahami bagian – bagian yang ada pada kepala manusia, berikut akan kami berikan penjelasannya. Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Anatomi Kepala Manusia dan Bagian – Bagiannya

anatomi kepala manusia dan bagian bagiannya

blogspot.com

Kepala manusia terdiri dari tulang tengkorak. Dimana tulang tengkorak ini memiliki beberapa bagian yang melindungi otak dan bagian – bagian kepala lainnya.

Tulang tengkorak sendiri terdiri dari tulang dahi (frontal), tulang ubun – ubun (parietal), tulang pelipis (temporal), tulang pipi atau tulang pembentuk wajah, tulang baji, tulang rahang bawah (mandibula), tulang rahang atas (maksila), tulang air mata (lakrimal) dan tulang hidung (nasal).

Tulang – tulang pembentuk kepala manusia tersebut akan terhubung satu sama lain dengan kuat, dan dihubungkan oleh tulang bergerigi yang biasanya disebut dengan sutura. Ada beberapa jenis sutura yang terdapat pada tulang tengkorak yaitu:

  1. Sutura Coronalis merupakan tulang sutura yang menghubungkan antara tulang dahi (frontal) dengan tulang ubun – ubun (parietal).
  2. Sutura Sagitalis merupakan tulang sutura yang menghubungkan antara parietal kiri dan parietal kanan.
  3. Sutura Lambdoidea/Lambdoidalis merupakan tulang sutura yang menghubungkan antara tulang parietal dan oksipital (tengkorak bagian belakang).

Pada tulang tengkorak dibagi menjadi dua bagian, yaitu tulang pelindung otak dan tulang pembentuk wajah. Tulang pelindung otak terdiri dari; tulang frontal (tulang dahi), tulang parietal (tulang ubun – ubun) dan tulang occipital (tulang kepala bagian belakang).

Sedangkan tulang pembentuk wajah bentuknya lebih kecil – kecil dibandingkam tulang pelindung otak. Dimana pada tulang pembentuk wajah terdapat banyak rongga – rongga seperti; rongga mulut (cavum oris), rongga hidung (cavum nasi) dan rongga mata (orbita).

Tulang atau Tengkorak Pembentuk Wajah

TULANG WAJAH (ANATOMI KEPALA)

slideshare.net

Secara garis besar, tulang atau tengkorak pembentuk wajah terdiri dari dua bagian;

Bagian Pembentuk Hidung

Bagian pembentuk hidung terdiri dari; tulang mata (lakrimal) yang terletak di sebelah kanan ataupun kiri pada pangkal hidung di sudut mata.

Tulang hidung (nasal) merupakan tulang pembentuk batang hidung disebelah atas; tulang karang hidung (konka nasal) terletak di dalam rongga hidung dan memeiliki bentuk yang berlipat – lipat.

Sekat rongga hidung (septum nasi) merupakan sambungan dari tulang tapis yang tegak.

Bagian Pembentuk Rahang

Bagian pembentuk rahang terdiri dari: tulanag rahang atas (maksilaris), tulang pipi kanan dan kiri (zigomaticum), tulang langit – langit (palatum), tulang rahang bawah (mandibularis) yang terdiri dari dua bagian yaitu bagian kiri dan kanan yang kemudian akan bertemu dan bersatu di pertengahan dagu.

Pada bagian depan mandibula terdapat processus coracoid yaitu sebagai tempat melekatnya otot.

Tulang – tulang tersebut tidak dapat digerakkan tanpa adanya otot. Karena tulang merupakan alat gerak pasif dan otot merupakan otot gerak aktif.

Nah, agar tulang – tulnag tengkorak dapat digerakkan, misalnya saat kita mengunyah makanan ataupun gerakan lainnya, diperlukan otot yang membantu menggerakkan tulang – tulang tersebut.

Macam Macam Otot Kepala (Anatomi Kepala Manusia)

otot kepala (anatomi)

slideshare.net

Berikut lima macam – macam otot yang terdapat pada kepala manusia.

Otot Pundak Bagian Kepala

Otot pundak bagian kepala yang fungsinya membentuk gales aponeurotika atau biasa disebut muskulus oksipitifrontalis yang terdiri dari dua bagian:

  1. Muskulus frontalis yang berfungsi untuk mengerutkan dan menarik dahi.
  2. Oksipitalis yang terletak dibagian belakang dan berfungsi menarik kulit yang berada di bagian belakang.

Otot Wajah

Otot wajah terdiri dari; otot mata (muskulus rektus okuli) dan otot pada bola mata sebanyak 3 buah:

  1. Otot bola mata (muskulus oblikus okuli) yang berfungsi memutar bola mata.
  2. Otot lingkar mata (muskulus orbikularis okuli) yang terdapat disekeliling mata dan berfungsi sebagai penutup mata atau biasa disebut sfingter mata.
  3. Muskulus levator palpebra superior yang terdapat pada kelopak mata yang berfungsi pada saat membuka mata yaitu dengan menarik dan mengangkat kelopak mata.

BACA JUGA : ANATOMI MATA MANUSIA DAN PENYAKIT MATA

Otot Mulut dan Pipi

Otot pada mulut bibir dan pipi yang terdiri dari;

  1. Otot sudut mulut (Muskulus triangularis dan Muskulus orbikularis oris) yang berfungsi untuk menarik mulut ke bawah.
  2. Otot bibir atas (muskulus quadratus labii superior).
  3. Otot dagu (muskulus quadratus labii inferior) yang berfungsi untuk menarik bibir ke bawah atau membantu membentuk mimik muka murung (menarik bibir ke bawah).
  4. Muskulus buksinator membentuk dinding samping rongga mulut yang berfungsi saat mengunyah makanan yang masuk pada mulut dengan cara menahannya agar tidak bersamaan masuk ke dalam kerongkogan.
  5. Otot pipi (muskulus zigomatikus) yang berfungsi saat kita tersenyum yaitu dengan mengangkat dagu mulut ke atas.

Otot Saat Mengunyah (Rahang)

Otot yang berfungsi saat mengunyah terdiri dari:

  1. Muskulus maseter berfungsi pada saat mulut terbuka dengan mengangkat rahang bawah saat mulut terbuka.
  2. Muskulus temporalis yang berfungsi menarik rahang bawah saat naik ke atas dan ke belakang.
  3. Muskulus pterigoid internus dan eksternus berfungsi untuk menarik rahang bawah ke depan.

Otot Lidah

Otot lidah yang sangat berguna saat terjadi proses mencerna makanan terdiri dari:

  1. Muskulus genioglosus yang berfungsi mengaktifkan lidah saat mendorong makanan ke depan
  2. Muskulus stiloglosus yang berfungsi saat lidah di tarik ke atas dan ke belakang.

BACA JUGA : ANATOMI JANTUNG DAN PENYAKIT JANTUNG

Otot Leher (Anatomi Kepala)

otot leher (anatomi kepala)

blogspot.com

Selain pada bagian kepala, otot kepala juga berkaitan dengan otot yang ada dileher untuk menggerakkan tulang – tulang yang ada di kepala.

Sehingga tidak hanya otot bagian kepala saja yang bekerja untuk menggerakkan wajah, namun kerjasama antara otot kepala dengan otot pada leher juga dapat berfungsi untuk menggerakkan tulang – tulang pada wajah.

Berikut beberapa otot pada leher yag bekerjasama dengan tulang – tulang yang ada diwjah.

  • Muskulus platisma, terletak di samping leher dan menutupi semua bagian yang ada di tulang dada. Otot ini berfungsi untuk menekan mandibula, menarik bibir untuk ke bawah dan membentuk kerutan pada kulit bibir.
  • Muskulus sternokleidomastoid, terletak pada bagian samping kiri dan kanan leher dan terdapat tendo yang sangat kuat.

Fungsi dari otot ini yaitu, untuk menggerakkan kepala ke samping, ke kanan, ke kiri, memutar kepala dan saat kedua otot tersebut bekerja sama akan terjadi gerak fleksi kepala ke arah depan.

Selain itu otot ini juga dapat membantu saat terjadi proses pernapasan.

  • Muskulus longisimus kapitis, yang terdiri dari splenius, dan semispinalis kapitis. Semua otot ini terdapat dileher bagian belakang, yaitu dari belakng kepala sampai ke prosesus spinalis korakoid.

Fungsi dari otot ini yaitu untuk menarik kepala bagian belakang dan berfungsi saat menggelengkan kepala.

Demikian penjelasan anatomi kepala manusia dari mulai pertulangannya yang terdiri dari tulang tengkorak dengan beberapa bagiannya dan juga otot – otot yang membantu dalam menggerakkan tulang – tulang tersebut.

BACA JUGA : SISTEM TATA SURYA

Tulang – tulang tersebut tidak dapat bekerja secara maksimal tanpa adanya otot, begitu sebaliknya otot tidak dapat bekerja jika tidak menempel pada tulang. Sehingga keduanya saling membutuhkan untuk bekerjasama.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply