Anatomi Tulang Manusia dan Bagian Bagiannya

Anatomi Tulang – Tulang merupakan bagian yang sangat penting bagi tubuh. Awalnya ketika manusia masih dalam kandungan baru berumur beberapa minggu tubuhnya hanya tersusun dari segumpal darah dan daging. Sehingga tubuh manusia belum memiliki bentuk dan penopang tubuh.

Tetapi, kemudian proses pembentukan manusia itu terus berlanjut, hingga terbentuklah tulang – tulang yang memberikan bentuk pada tubuh manusia.

Nah, sekarang sudah tau kan? Kalau tulang itu sangat memiliki peran yang penting dalam tubuh kita. Ya… Salah satunya sebagai penopang tubuh itu.

Selain itu tulang juga memiliki beberapa peran lainnya, agar lebih jelas dan dapat memahami anatomi fisiologi tulang manusia berikut ulasannya.

Fungsi Tulang

fungsi anatomin tulang

rangka anggota gerak

Selain memiliki fungsi sebagaimana yang telah dijelaskan diatas, berikut beberapa fungsi tulang:

  • Melindungi dan memberi bentuk tubuh, maksud dari melindungi adalah tulang juga berfungsi untuk melindungi bagian – bagian tubuh manusia yang lainnya tulan tengkorak yang berfungsi untuk melindungi otak dan tulang rusuk yang berfungsi untuk melindungi organ yang ada dibagian dada.
  • Menopang tubuh agar tetap tegak.
  • Sebagai tempat melekatnya otot – otot, dimana otot – otot ini yang membuat tulang – tulang dapat bergerak saat berkontraksi. Sehingga otot dan tulang harus saling berkoordinasi agar dapat melakukan gerakan kontraksi ataupun relaksasi sebagaimana mestinya.
  • Salah satu tempat produksinya sel darah, yaitu dibagian sumsum tulang belakang.

Sekarang sudah mulai tahu kan? Fungsi – fungsi tulang?

Tahukah anda? Pada dasarnya manusia itu memiliki 300 tulang yang kemudian seiring pertumbuhan dan perkembangan tulang – tulang tersebut ada yang menyatu.

Sehingga saat mulai dewasa tulang tersebut menjadi 206 tulang. Kira – kira tulang sebanyak itu jenis apa saja ya? Untuk mengetahuinya berikut akan dijelaskan terlebih dahulu macam – macam bentuk tulang.

Jenis Tulang

macam macam bentuk tulang

rangka badan manusia dan bagian bagiannya

Berdasarkan bentuknya, macam macam tulang dapat dibagi menjadi 5, yaitu:

  • Tulang Panjang

Tulang jenis ini memiliki rongga dan bertanggung jawab untuk menyangga atau menopang kerangka tubuh.

Tulang panjang bisa ditemukan pada tulang femur (paha), tulang fibula (betis), tulang metatarsal (telapak kaki), tulang tibia (tulang kering), metacarpal (tulang telapak tangan) dan tulang yang ada pada lengan yaitu humerus, radius, ulna, dan tulang – tulang pada ruas – ruas jari.

  • Tulang Pendek

Memiliki ukuran yang pendek dan berbentuk bundar dan mirip seperti dadu. Karena bentuknya yang kecil dan pendek, memungkinkan anda melakukan gerakan. Tulang jenis ini terdapat pada, tulang pergelangan kaki (tarsal) dan tulang pada pergelangan tangan (carpal).

  • Tulang Pipih

Berbeda dengan tulang panjang yang memiliki bentuk panjang dan tulang pendek yang berukran pendek. Tulang pipih memiliki ukuran yang sangat beragam.

Tulang ini juga memiliki area permukaan yang berfungsi untuk melindungi otot – otot yang ada pada tulang tersebut.

Beberapa tulang yang memiliki bentuk pipih yaitu, tulang rusuk (rib), tulang dada (sternum), tlang tengkorak (kranial) dan tulang belikat (scapula).

  • Tulang Tidak Teratur

Sebagaimana namanya, tulang jenis ini memiliki bentuk yang tidak teratur. Beberapa tulang yang memiliki bentuk ini yaitu; tulang belakang (vertebrae), tulang ekor (coccygeal), tulang sacrum, dan beberapa tulang pembentuk wajah seperti tulang baji (sphenoid), tulang pipi (zygomatic), dan tulang ethmoid.

  • Tulang Sesamoid

Bentuk tulang yang terakhir yaitu tulang sesamoid yang terdapat pada tendon (jaringan ikat yang menjadi penghubung antara jaringan otot dan tulang. Tulang ini berbentuk bulat dan berukuran kecil. Biasanya dapat anda temukan pada tendon tangan, tendon kaki dan juga lutut.

Fungsi dari tulang ini yaitu untuk melindungi tendon dari tekanan pada sendi dan juga dapat meningkatkan efektifitas kerja sendi.

Setelah kita mengetahui jenis – jenis bentuk tulang, selanjutnya kita akan membahas anatomi tulang. Secara garis besar anatomi tulang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu aksial dan apendikular yang akan dijelaskan sebagai berikut.

BACA JUGA : SISTEM TATA SURYA TERLENGKAP

Tulang Aksial

tulang aksial (anatomi)

slideplayer.com

Tulang aksial merupakan tulang sumbu atau tulang pembentuk tubuh. Tulang ini berada pada sepanjang tubuh yaitu:

  • Tulang Tengkorak

Tulang tengkorak berfungsi untuk melindungi otak dan juga memberi bentuk pada wajah. Tulang ini juga tersusun atas beberapa tulang yaitu tulang dahi (frontal), tulang ubun – ubun (parietal), tulang pelipis (temporal), tulang pembentuk wajah (tulang pipi, baji, rahang bawah, rahang atas, air mata dan juga tulang hidung)

  • Tulang Belakang (Vertebral Coloumn)

Tulang ini memiliki bentuk yang beruas – ruas. Cara penamaannya cukup unik yaitu sesuai dengan urutan ruasnya. Misalnya tulang dada pada ruas pertama dinamakan T1 dan seterusnya sampai T12. Penamaan ini tidak berlaku pada tulang sacrum dan tulang ekor.

Jumlah Tulang belakang ini tersusun atas 33 ruas tulang dan terbagi menjadi 5 ruas yaitu, tulang leher (cervical) ada 7, tulang dada (thoracic) ada 12, tulang punggung bawah ada 5, tulang sacrum ada 5 dan tulang ekor ada 4.

  • Tulang Rusuk dan Tulang Dada

Tulang dada (sternum) memiliki bentuk seperti pisau dan terletak disepanjang garis tengah pada tubuh manusia. Tulang ini terhubung dengan tulang rusuk dan juga tulang rawan yang biasa disebut kartilago costa.

Untuk bagian tulang rusuk sendiri terdiri atas 12 pasang, yang terdiri dari 7 pasang tulang rusuk sejati, 3 pasang tulang rusuk palsu, dan 2 pasang tulang rusuk melayang.

Tulang ini berfungsi untuk melindungi organ – organ penting dalam tubuh, seperti; jantung, paru – paru, hati dan juga organ – organ penting lainnya dan berhubungan dengan penjelasan mengenai anatomi tubuh manusia.

Tulang Apendikular

tulang apendikular (anatomi)

blogspot.com

Selanjutnya adalah tulang apendikular. Tulang merupakan tulang yang membentuk bagian tungaki bawah dan juga atas serta bahu dan panggul yang menghubungkan tulang dengan tulang aksial. Berikut tulang yang termasuk tulang apendikular:

  • Tulang Tangan

Tulang tangan adalah tulang – tulang pembentuk tangan seperti; tulang lengan bagian atas (humerus), pergelangan tangan (carpal), telapak tangan (metacarpal), tulang jari – jari, belikat, radius, dan juga ulna.

Tulang – tulang ini saling terkait dan bekerja dengann berkoordinasi.

  •  Anatomi Tulang Panggul

Tulang panggul merupakan tempat melekatnya tulang kaki yang berbentuk mangkok dan berguna untuk menopang tulang belakang.

Tulang panggul ini terdiri dari tulang panggul bagian kanan dan juga kiri yang terdiri dari tulang illium, ischium dan pubis. Fungsi dari tulang ini yaitu untuk melindungi organ pencernaan yang ada dibagian bawah serta organ – organ reproduksi.

  • Tulang Kaki

Bagian terakhir dari tulang apendikular yaitu tulang kaki. Tulang ini berada dibagian tubuh yang paling bawah dan berfungsi untuk menopang tubuh dan membantu tubuh saat berjalan.

Bagian – bagian dari tulang ini terdiri dari tulang panggul, tulang paha, tulang lutut, tulang betis (fibula), tulang pergelangan kaki (metatarsal), jari – jari kaki (phalanges), telapak kaki (tarsal), tulang talus dan tulang tumit.

BACA JUGA : STRUKTUR BAGIAN BAGIAN BUNGA TERLENGKAP

Demikian penjelasan mengenai anatomi tulang manusia dari mulai fungsi, bentuk dan juga anatomi tulang dari bagian atas (kepala) sampai bawah (kaki). Semoga bermanfaat… selamat membaca…

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply