1

Arti Kata Gabut dan Cara Cepat Menghilangkannya (Lengkap)

Arti Kata Gabut – Di era sekarang ini banyak sekali kata serapan yang baru dan memang sengaja di buat oleh anak – anak kalangan muda.

Kata – kata yang secara sengaja ataupun tidak sengaja mereka buat menjadi trend dikalangan anak muda ini biasa kita kenal dengan sebutan bahasa gaul. Bahasa yang sering digunakan antar anak muda untuk sekedar basa – basi ataupun percakapan – percakapan yang ringan.

Tetapi trend bahasa gaul tersebut, sekarang ini juga menjadi salah satu bahasa yang sering mereka gunakan dalam percakapan sehari – hari, baik itu pembicaraan santai ataupun tidak.

Asal Usul Kata Gabut

asal kata gabut

Gabut menurut berkata.net

Dari tadi kita membahas mengenai bahasa gaul, sebenarnya apa yang akan kita bahas? Yup, kita akan membahas salah satu bahasa gaul yaitu ‘Gabut’ , apa arti dari kata gabut itu sendiri? Berikut penjelasannya.

Pada awalnya kata gabut ini sering digunakan untuk mengartikan dari salah satu akronim, yaitu Gaji Buta yang kemudian disingkat menjadi gabut. Tetapi seiring berjalannya waktu, kata ini juga menjadi salah satu kata yang sering diucapkan oleh anak – anak muda.

Kata gabut sendiri sudah mulai booming sejak tahun 2011 silam dengan artian gaji buta tersebut. Namun dengan seiring berjalannya waktu, pada tahun 2014 kata gabut ini juga memiliki arti kata yang lainnya.

Bahkan ditahun 2011 sendiri kata ini memiliki banyak artian kata yang lain tapi masih dalam satu bahasan yaitu:

  • Gaji Buta
  • Belaga Buta
  • Enggak Butuh

Anda mungkin mulai bingung, mengapa tidak sama dengan pengertian yang sering kita dengar?

Biasanya kata ini digunakan anak muda saat mereka membicarakan kebosanannya saat tidak melakukan apa – apa.

Jadi dapat dikatakan bahwa kata gabut ini, saat ini lebih sering digunakan untuk mengungkapkan rasa kebosanan yang sedang dialami seseorang karena tidak adanya aktivitas yang sedang dilakukan.

Sekarang sudah mulai paham bukan? Kalau arti kata gabut ini memiliki banyak arti dan tidak memiliki patokan yang pasti karena merupakan bahasa serapan yang sengaja diciptakan oleh beberapa kalangan untuk menambah keragaman bahasa.

Jadi, saat ini kata gabut itu sering digunakan bagi seseorang yang sedang badmood melakukan sesuatu dan tidak ingin melakukan aktivitas apapun. 

Sekarang pastinya sudah mengerti bukan? Makna dari gabut?

Bagi kalian yang merasa sering merasakan gabut, berikut ada beberapa tips untuk menghilangkan rasa gabut.

Tips Menghilangkan Gabut

Dibawah ini merupakan beberapa tips yang ampuh dan jitu cara menghilangkap gabut, diantaranya adalah :

  • Mendalami Hobi

mendalami hobi

Arti kata gabut

Hobi itu ibarat makanan bagaikan nasi. Harusnya dipunyai setiap orang agar dapat mengalihkan perhatiannya ketika merasa bosan dengan semua aktivitas yang telah dilakukannya selama ini.

Dengan hobi hidup lebih sedikit berwarna dan tidak monoton. Dan pastinya jangan salah? Ternyata hobi juga bisa menambah penghasilan lo…

Jika hobi anda bisa anda manfaatkan dengan baik, bukan suatu kemustahilan bagi anda untuk tidak mendapatkan penghasilan. Selain itu dengan adanya hobi dapat merefresh pikiran anda sehingga bisa kembali bekerja dengan maksimal lagi.

  • Mengasah Kemampuan

mengasah kemampuan

Mengasah kemampuan agar gabut hilang.

Misalnya kamu adalah salah satu koki atau pengusaha catering. Tidak ada salahnya mengasah kembali kemampuan yang kamu miliki tetapi dengan cara yan lebih fun daripada hanya sekedar bekerja biasa.

Dengan cara yang fun tanpa adanya tuntutan pesanan yang harus anda selesaikan, anda dapat merefresh kembali kemampuan anda dan pastinya dapat meningkatkan kompetensi anda dalam dunia masak – memasak yang nantinya juga sangat berguna bagi karir anda.

  • Ikut Workshop atau Seminar

seminar

Salah satu cara menghilangkan gabut adalah dengan melakukan kegiatan seminar (arti kata gabut).

Lagi, lagi tips yang kami berikan adalah untuk pengembangan diri. Karena kami tahu bahwa kegabutan adalah kemalasan yang muncul secara tiba – tiba karena kita memberikan kesempatan baginya untuk memasuki pemikiran kita.

Nah, cara yang kami sarankan selanjutnya adalah dengan mengikuti workshop maupun event – event yang bermanfaat lainnya.

Dimana dengan kita mengikuti workshop ataupun event – event yang lainnya kita dapat bertemu dengan orang baru dan juga relasi baru yang dapat menambah wawasan kita.

Sehingga otak kita dapat berfungsi sebagaimana mestinya, hehehe… kasian otak kita kan? Jika dianggurkan begitu saja. Apalagi dengan mengikuti event – event yang fresh, selain membuat kita menjadi lebih semangat, kita juga dapat mengupgrade kemampuan kita.

Jadi, tidak hanya kegabutannya yang dihilangkan, tetapi kependekan sumbu berpikir juga dihilangkan, hehe.

Kira – kira apa ya tips selanjutnya yang cocok?

  • Menonton Film di TV, Laptop, atau Smartphone

nonton tv

Menonton tv adalah salah satu cara menghilangkan gabut (arti kata gabut kekinian / bahasa gaul).

Nah, pasti tips selanjutnya ini sangat disukai bukan? Karena tips ini tentunya dapat merefresh pikiran anda dan tentunya sering anda lakukan bukan?

Yup, tips selanjutnya ini adalah menonton film sesuai dengan genre film yang anda sukai. Dan mungkin saat ini anda lebih memilih dengan menggunakan streaming.

Kalau saran dari kami tontonlah tontonan yang bisa menjadi tuntunan, atau paling tidak anda dapat meningkatkan kemampuan anda, baik itu dalam bahasa, analisa ataupun seni dan juga sastra.

Jadi yang berpikir kita dengan menonton film itu tidak bisa meningkatka kemampuan kita? Karena dengan kita dapat memilih film yang benar dan baik, kita dapat mengambil manfaat ataupun hikmah dari film yang telah kita tonton.

  • Membaca Buku

baca buku

arti kata gabut di wa

Balik lagi dong, tips selanjutnya adalah tentang pengembangan diri. Yups, tips selanjutnya adalah dengan membaca buku.

Karena dengan membaca buku yang kita suka misalnya novel ataupun buka lainnya, kita dapat mengalihkan kebosanan pada diri kita dengan menambah ilmu yang kita miliki dengan memperbanyak membaca.

Kalau anda sedang tidak ingin membaca buku dengan bahasan yang berat – berat, bacalah buku yang menggunakan bahasa yang cukup santai sehingga mudah untuk dipahami dan tentunya lagi, dan lagi dapat menambah isi otak anda, hehehe…

Tips selanjutnya ini akan membuat anda menjadi fresh dan lebih bersemangat lagi karena membuang aura – aura kemalasan dalam diri anda. Kira – kira apa ya?

  • Olahraga

olahraga

Cara menghilangkan bosan dengan olahraga.

Ya, olahraga. Dengan berolahraga, anda dapat mengeluarkan energi – energi negatif yang ada pada diri anda.

Karena dengan olahraga, selain badan kita menjadi sehat, kemalasan yang ada dalam tubuh kita juga dapat keluar secara perlahan meskipun dengan sedikit pemaksaan unttuk melakukan olahraga.

Dengan melakukan olahraga ini, badan kita menjadi fresh, pikiran juga lebih fresh dan tentunya badan kita juga menjadi sehat.

Apalagi jika kita memiliki hobi berolahraga, maka kita dapat menghilangkan kegabutan tersebut dengan melaksanakan hobi kita yaitu dengan berolahraga.

Penutup

Demikian beberapa tips untuk menghilangka kegabutan, lagi – lagi kegabutan itu datang bukan tanpa sebab.

Melainkan diri kita yang memberikannya celah untuk memasuki diri kita sehingga gabut dapat masuk dalam diri kita dengan mudah.

Gabut = malas, jika anda sering mengatakan kata gabut, atau sering mengalami kegabutan. Itu sama halnya diri anda kurang produktif.

Padahal dengan kehidupan yang serba cepat ini, kita dituntut untuk lebih cepat dalam melakukan sesuatu. Semoga tulisan ini bermanfaat, dan selamat menghilangkan kegabutan…

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply