1

Arti Kata “Mukbang” dan Contohnya (Wajib Kamu Tahu)

Arti Mukbang / Mukbang Adalah – Beberapa tahun terakhir ini pasti kalian sudah sering mendengar kata “mukbang”. Entah itu melihat tulisan artikel seperti sekarang ini, atau mungkin melihat video mukbang di instagram atau bahkan sudah sering melihat video mukbang di IGTV ataupun Youtube.

Yah, sekarang ini memang sedang trend mukbang. Nah, kira – kira apa sih arti kata mukbang itu? Dan mengapa kok bisa disebut mukbang? Pasti masih banyak yang bertanya – tanya. Yup, untuk menjawab pertanyaan itu semua, kali ini kita akan membahas tuntas mukbang.

Sudah mulai penasaran? Yuk langsung simak saja penjelasan berikut ini. Check this out!

Pengertian Mukbang

mukbang

menshealth.com

Mukbang merupakan salah satu trend yang sedang berkembang di Korea saat ini. Mukbang adalah siaran langsung atau live streaming atau bisa juga tayangan televisi maupun YouTube yang di dalamnya memperlihatkan tentang masak memasak, dan juga makan – makan.

Biasanya dalam siaran tampilan yang akan ditampilkan pemeran atau artis myang berperan akan memasak ataupun makan sambil berinteraksi dengan penontonnya.

Sehingga meskipun tidak terjadi interaksi secara langsung, tetapi pemeran atau artis tersebut seakan – akan juga mengajak secara langsung para penontonnya untuk makan bersama atau merasakan bersama apa yang dilakukan pemeran atau artisnya.

Biasanya pemeran atau artisnya juga akan melakukan riview makanan yang di makan.

Kalau di Korea sendiri, sebenarnya trend mukbang merupakan siaran langsung masak memasak dan juga menyantap makanan yang telah dihidangkan dalam porsi yang tidak seperti biasanya. Ya, bisa dikatakan mukbang itu siaran memakan makanan dalam porsi yang cukup besar.

Dan saat ini trend ini sudah menjamur tidak hanya di Korea saja tapi juga di beberapa negara, salah satunya Indonesia. Bahkan sempat ditayangkan di TV nasional Indonesia yaitu ANTV yang secara khusus menghadirkan program mukbang dalam salah satu tayangannya.

Adanya mukbang ini tidak hanya memberikan informasi tentang makanan – makanan, tetapi juga dapat digunakan dalam pemberian informasi mengenai bumbu – bumbu masakan dan juga peralatan – peralatan dapur. Sehingga cara periklanan makanan menjadi beragam dan tidak monoton.

Kembali dalam pembahasan mukbang sebagai salah satu trend di Korea. Sebenarnya bagaimana trend mukbang bisa menjadi salah satu trend memakan makanan dalam jumlah besar? Mulai penasaran? Yuk simak saja penjelasan berikut ini.

Nah, jika tadi kalian sudah tau bahwa arti kata mukbang ini merupakan trend dari Korea. Kali ini kita akan membahas per kata. Ya, mukbang ini artinya sebenarnya merupakan berasal dari gabungan kata meokneun yang berarti “makan”, dan juga kata bangsong yang berarti “siaran atau broadcast”.

Jadi jika kita melihat dari dua kata tersebut, jelaslah bahwa mukbang merupakan acara makan – makan yang disiarkan secara langsung atau dalam artian dapat dilihat penontonnya.

Media yang digunakan merupakan media online seperti instagram ataupun YouTube. Atau banyak yang mengatakan bahwa arti mukbang merupakan acara makan – makan online.

BJ (Broadcast Jockey) Mukbang

mukbang adalah

youtube.com

Saat kalian melihat acara – acara mukbang, pastinya anda akan melihat seorang BJ yang akan memakan makanan yang sangat banyak. Biasanya makanan itu berupa mie, daging atau bahkan berbagai macam sayuran.

Sesekali BJ tersebut akan melihat kamera dan memperdengarkan suara ketika mereka makan. Hal ini mereka lakukan untuk menciptakan interaksi antara penyiar dengan penonton. Seakan – akan ada ikatan emosi antara penyiar dengan penonton.

Untuk pendapatan BJ Mukbang sendiri cukup besar, karena selain mereka mendapatkan pendapatan dari google adsense, mereka juga mendapatkan sponsor makanan atau bahkan terkadang juga mendapatkan jasa promosi dari beberapa restaurant, yang menginginkan produk makanannya untuk diiklankan.

Jadi, pada dasarnya yang mereka lakukan bukanlah tanpa alasan. Selain memberikan informasi mengenai berbagai macam kuliner juga memberikan profit tersendiri bagi BJ nya.

Apalagi jika situs tersebut sudah banyak dikenal orang, sudah pasti nilai profitnya juga semakin meningkat bagi BJ itu sendiri. Nah, selanjutnya akan kami berikan beberapa contoh acara mukbang yang cukup terkenal. Berikut beberapa acara mukbang yang menjadi favorit penikmat acara mukbang.

9 YouTubers Mukbang dengan Subscriber Terbanyak

Selain arti kata mukbang, kita juga membahas youtuber mukbang dengan subscriber terbanyak, salah satunya dari Indonesia lho. Penasaran siapa saja ? Yuk simak selengkapnya.

1. Matt Stonie

mukbang artinya

Matt Stonie merupakan salah satu BJ yang memiliki subscriber yang cukup banyak yaitu sekitar 7,1 juta subscribers. Dimana dalam membawakan acaranya ia rela menyelesaikan tantangan – tantangan yang diberikan penontonnya.

Wahhh.. sangat mengagumkan bukan, selera makannya? Nah, kalau kalian sendiri bagaimana guys? Mampu menghabiskan makanan seperti Stonie ini nggak?

2. Yuka Kinoshita

Yuka Kinoshita ini merupakan salah satu Youtubers mukbang yang jago masak lo.. nah, bagi kalian yang tidak hanya ingin melihat mukbang dari Yuka, tetapi juga ingin mempelajari bagaimana resep memasak, channel Youtube Yuka ini bisa menjadi salah satu rekomendasinya.

Bahkan saat ini subscribersnya sudah mencapai 5,1 juta orang yang terdiri dari berbagai macam negara.

3. Trisa Paytas

Selanjutnya ada Trisa Paytas, dalam youtubenya awalnya dia membuat konten tentang gaya hidup. Semakin kesini dia juga mulai menggilai makanan.

Hingga kemudian sekarang ini Youtubenya menjadi acara mukbang yang cukup terkenal dengan 4,7 juta subscribers.

4. Banzz

banzz

republika.com

Salah satu food vlogger yang menjadi favorit adalah Banzz yang sangat populer di daerah Korea Selatan.

Pria yang memiliki profesi sebagai food vlogger ini mengaku bahwa ia harus berolahraga 6 – 10 jam setiap harinya untuk menjaga agar tubuhnya tetap bugar dan tetap ideal.

Ternyata, tidak cukup mudah untuk menjadi food vlogger ya guys… ternyata dengan pekerjaannya sebagai food volgger ini.

Pria ini juga memiliki selera makan yang luar biasa. Sehingga tidak heran jika ia mmeiliki banyak subscribers yaitu sekitar 3,1 juta subscribers.

5. Ddeng-gae

Kalau food vlogger Duo Ddeng-gae ini memiliki cirinya tersendiri untuk menarik para penggemarnya. Dimana dalam tayangannya, mereka menampilkan acaranya mukbang ini dengan cara makan cepat dengan banyaknya makanan yang dihidangkan.

Cepatnya Ddeng-gae ini dalam memakan makanan yang dihidangkan menciptakan daya tarik tersendiri bagi para penontonya. Channelnya sendiri memiliki 3,1 juta subscribers.

6. Josh Peck

Salah satu acara mukbang yang cukup terkenal adalah Josh Pack. Yup, dia adalah seorang aktor, presenter, komedian, dan sutradara yang cukup populer di Negeri Paman Sam. Untuk channelnya ini, Josh sudah memiliki 2,7 juta subscribers lo..

7. Dorothy

Kalau makan dengan jumlah porsi yang cukup banyak, mungkin sudah biasa kita lihat. Nah, Dorothy ini membuat ciri tesendiri dengan memakan dalam jumlah yang cukup banyak dengan tingkat kepedasan yang tinggi.

Dalam siarannya ini, ia dapat menarik 2,2 juta subscribers. Nah, bagi para penikmat pedas, boleh nih intip – intip channel ini.

8. Shoogi

Jika BJ mukbang biasanya makan dengan cepat, maka berbeda dengan Shoogi, ia memberikan tampilan yang cukup menggemaskan dan dengan cara makan yang rapi. Wanita asal Korea Selatan ini mampu menarik 1,9 juta subscribers. 

9. Tanboy Kun

mukbang adalah

youtube.com

Tanboy Kun merupakan youtuber mukbang asal Indonesia yang subscriber nya sampai lebih dari 4 jt. Tamboykun bisa menghabiskan banyak porsimakan, selain itu juga ia sangat suka sama pedas.

Nah, sekarang sudah tau kan? Apa arti kata mukbang itu? Mulai tertarik untuk membuat konten mukbang? 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply