9+ Tips Ampuh Membuat Bonsai Beringin Terbaik & Mahal (Terlengkap)

Bonsai Beringin (Ficus benjamina) merupakan tanaman yang berasal dari Asia, Australia atau beberapa wilayah Pasifik lainnya. Tanaman ini merupakan tanaman yang kuat dan biasa tumbuh di pekarangan. Beberapa orang mempercayai adanya kekuatan magis pada pohon ini.

Maka tidak jarang banyak yang memberinya sesajen. Terlepas dari mitos tersebut tumbuhan ini sangat bermanfaat bagi manusia salah satunya sebagai hiasan di taman atau pun sebagai tempat teduh.

Manfaat lainnya dari pohon ini dapat juga dimanfaatkan dalam kesehatan.

Negara Indonesia sendiri menggunakan lambang pohon beringin sebagai simbol dari sila ke – 3 yaitu persatuan Indonesia. Jadi, bukan suatu kesalahan jika anda ingin menjadikan tumbuhan ini sebagai pemanis pekarangan rumah anda ataupun membuatnya sebagai bonsai beringin.

BACA JUGA : BONSAI KELAPA BERCABANG DAN BERBUAH

Namun sebelum mengetahui cara pembuatan bonsai, akan kami jelaskan lebih dahulu ciri – ciri dari pohon ini.

Klasifikasi Pohon Beringin

bonsai beringin dolar

youtube

KingdomPlantae
SubkingdomTracheobionta (tumbuhan berpembuluh)
Super DivisiSpermatophyta (menghasilkan biji)
DivisiMagnoliophyta (tumbuhan berbunga)
KelasMagnoliopsida
OrdoUrticales
FamiliMoraceae (suku nangka – nangkaan)
GenusFicus
SpesiesFicus benjamina L.
Nama daerahBeringin, Waringin, Caringin (Sunda), Ringin (Jawa)
Apabila kamu ingin melihat produk bonsai kami klik di jual bonsai

Ciri Ciri Bonsai Pohon Beringin

gambar bonsai beringin

bonsaitree

Sebelum kamu membuat bonsai dolar dari pohon ini, baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai ciri ciri dari pohon beringin yang nantinya akan kamu buat bakal bonsai. Berikut adalah ciri cirinya:

  • Akar dan Batang

Beringin merupakan tanaman yang memiliki akar tunggang dan bisa tumbuh mencapai ketinggian kira – kira 20 – 25 cm. Batangnya tegak dan berbentuk bulat dengan permukaannya yang kasar dan berwarna coklat kehitaman.

Bentuk percabangan tanaman ini berbentuk simpodial. Beberapa orang menilai keunikan dari tanaman ini berdasarkan bentuk dari akarnya, yang tumbuh menggantung dan berwarna kecoklatan sebagai alat untuk respirasi (bernapas).

Baca Juga : 14+Cara Membuat Bonsai Sancang Juara (Terbaik)

Akar yang tumbuh akan mencapai tanah. Dimana akar tersebut akan berubah fungsi menjadi penyerap air dan nutrisi bagi tanaman.

  • Daun

Beringin memiliki daun berwarna hijau tua dan berbentuk jorong (ovalis) dengan bagian tepi daun merata dan halus. Pada pangkal daunnya berbentuk tumpul.

Kedua sisi tepi daun bertemu sehingga terlihat lebih tinggi, dan ujung daun terlihat sempit, panjang dan runcing. Daging daunnya kaku tetapi tipis atau biasa disebut perkamen.

Beringin memiliki susunan tulang daun menyirip dengan ibu tulang terletak di tengah dan kemudian membentuk cabang – cabang.

  • Bunga

Bunga pohon beringin merupakan bunga tunggal dan akan muncul di ketiak daun. Tangkai bunga berbentuk silindris dengan kelopaknya berwarna hijau dan berbentuk menyerupai corong.

Mahkota bunga berbentuk bulat, halus dan berwarna kuning kehijauan. Benang sari dan putik bunga beringin berwarna kuning dan terasa halus.

Buah beringin berukuran panjang 0,5 – 1 cm dengan bentuk bulat dan merupakan buah buni. Biji beringin berbentuk bulat, berwarna putih dan sangat keras. Saat masih muda, buah berwarna hijau dan saat sudah tua akan berubah menjadi merah.

Selain dapat menambah nilai estetika, bonsai juga dapat menjadi alternatif bisnis anda. Berikut beberapa jenis beringin yang dapat anda tanam.

  • Pohon beringin pencekik (Ficus annulata)
  • Beringin putih (Ficus benjamina variegata)
  • Beringin dolar
  • Beringin karet Korea
  • Bonsai beringin laut, lokal, dan kimeng.

Manfaat Buah dan Pohon Beringin Bagi Kesehatan

manfaat pohon beringin

monfocus via pixabay

Pohon Beringin tidak hanya dimanfaatkan sebagai peneduh. Ia juga dapat dimanfaatkan dalam bidang kesehatan. Kandungan pada akar, daun dan batangnya yang mengandung falvonoida, polifenol, saponin, fenol dan asam amino sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Apalagi, jika tubuh kita terkena penyakit, tanaman ini dapat menjadi salah satu obat herbal anda. Mulai tertarik untuk menanamnya? Ketahui dulu beberapa manfaat beringin berikut ini.

  • Dapat digunakan pereda penyakit flu (influenza)
  • Mengobati memar akibat pukulan
  • Membantu menurunkan panas saat demam
  • Mengurangi peradangan tonsilitis (amandel)
  • Mengurangi rasa nyeri pada penyakit rematik
  • Dapat digunakan sebagai obat malaria
  • Mengobati saat terjadi radang usus
  • Membantu meredakan rasa sakit pada saat sariawan

Sekarang anda sudah tahu kan beberapa manfaat dari beringin. Kini saatnya bagi anda untuk menanamnya. Cara penanamannya sendiri sama dengan tanaman lainnya. Namun jika anda ingin membuatnya menjadi hiasan yang menarik, maka anda dapat membuatnya menjadi bonsai.

Baca Juga : 14+ Cara Membuat Bonsai Murbei Berbuah Lebat

Cara Membuat Bonsai Beringin

harga bonsai beringin

pinterest.com

Bagi anda yang belum mengetahui cara penanamnya, akan kami jelaskan caranya agar beringin yang akan anda tanam dapat tumbuh dengan baik dan memiliki nilai estetika yang tinggi sehingga memiliki nilai jual yang tinggi pula. Berikut cara penanaman dan perawatannya.

Persiapan Alat dan Bahan

alat dan bahan

sukabonsai

Pembuatan pohon menjadi bonsai bukanlah proses yang sulit. Namun tingkat kesabaran dan kreatifitas yang tinggi mutlak di perlukan dalam pembuatan bonsai.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan, seperti:

  • Bonggol beringin yang sesuai dengan bentuk yang anda inginkan.
  • Media tanam
  • Pot yang memiliki besar sesuai dengan bonggol yang telah dipilih.
  • Kawat stainless steel yang berukuran 3 mm.
  • Gunting tanaman yang akan digunakan untuk membentuk pola pohon bonsai.

Membuat Media Tanam Bonsai

media tanam bonsai

nuramijaya.com

Media tanam yang digunakan dalam penanaman bonsai ini menggunakan tanah yang dicampur pasir dan batu – batuan kerikil yang kecil.

Media tanam ini diusahakan cukup mengandung unsur hara, tidak kekurangan dan juga tidak berlebihan yang disesuaikan dengan besaran bonggolnya. Struktur media tanam padat dan sedikit mengandung unsur hara.

Membentuk Pola

bonsai dolar mini

8villages.com

Proses pembentukan pola dilakukan dengan menggunakan kawat, yaitu dengan cara melilitkan kawat pada batangnya sesuai dengan kreatifitas yang akan anda buat.

Selain berfungsi sebagai pembentuk pola, kawat juga berfungsi untuk menahan ranting dan batang agar tetap kuat dan kokoh.

Maka dari itu, lakukan secara hati – hati agar batang atau ranting tidak patah. Jika anda merasa kesulitan maka anda dapat menggunakan tang untuk membantu anda dalam membuat pola.

Cara pembuatan lilitan kawat dapat anda lakukan dari pangkal dahan menuju ujung dahan.

Pembukaan Kawat

kawat bonsai

tokopedia.com

Kawat dapat anda lepaskan jika batang yang tumbuh telah menutupi kawat. Maka anda dapat membukannya secara perlahan agar batang tidak patah.

Saat kawat telah dibuka perhatikan pertumbuhan bonsai tersebut. Lakukan perapian jika terdapat bagian – bagian yang tidak sesuai dengan yang anda inginkan.

Perapian dapat dilakukan dengan cara memangkas sedikit – sedikit bagian ujung. Begitupula saat akar tumbuh tek terkendali, maka anda perlu memindahkannya kedalam pot yang lebih besar dengan media tanam yang sama.

Biarkan selama 2 – 3 minggu pohon tersebut tanpa pemupukan. Maka pohon tersebut akan beradaptasi dengan media tanam yang baru.

Cara menyambung beringin dolar dengan beringin yang lainnya, kamu bisa mengikuti langkah berikut dalam artikel di bawah ini.

Cara Merawat Bonsai Beringin

cara merawat bonsai beringin

pickupimage via pixabay

Setelah menanam bonsai, tahap selanjutnya adalah melakukan perawatan. Perawatan harus dilakukan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Berikut cara merawat bonsai kimeng:

  • Pemupukan

Pemupukan dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk organik yang dilarutkan dengan air. Namun, untuk menjaga dari pertumbuhan – pertumbuhan dan hal – hal yang tidak diinginkan, ada beberapa unsur yang harus dipenuhi seperti: nitrogen, fosfor dan potasium.

  • Penyiraman

Penyiraman dilakukan secara teratur dilakukan saat pagi dan sore hari dengan menggunakan air bersih. Untuk mencegah tumbuhnya gulma pada tanaman maka anda dapat memberikan lumut pada media tanam.

  • Pemangkasan dan penyiangan

Pemangkasan dilakukan pada bagian – bagian yang tidak diinginkan seperti pada ranting dan daun – daun. Sedangkan penyiangan dilakukan saat tumbuh gulma disekitar tanaman. Namun, jika anda menambahkan lumut pada media tanam, maka anda dapat mengurangi proses penyiangan.

Apabila kamu merawatnya dengan baik dan benar, maka bonsai kamu akan mempunyai nilai seni yang tinggi dan juga mempunyai harga yang mahal. Kamu juga bisa menanam beringin di atas batu agar menambah nilai seninya.

Demikian cara penanaman dan perawatan bonsai kimeng. Sudah mulai tertarik untuk menanamnya?

Apabila ada yang dipertanyakan mengenai bonsai, kamu bisa mengisi kolom komentar dibawah. Salam tanaman kerdil !

Terkait :

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply