7+ Cara Membuat Bonsai Kaliage Sisir (Terlengkap & Terampuh)

Pohon kaliage sangat populer dikalangan pecinta bonsai, tumbuhan ini sering dijadikan bonsai sisir karena memiliki duri dan memiliki  karakter pohon yang menarik. Karena itulah tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan bonsai.

Perawatan tanaman ini juga sangat mudah, karena tanaman kaliage sangat mudah beradaptasi di cuaca panas maupun dingin. Kaliage atau sisir memiliki nama latin Cudrania Chochinsinensis.

Struktur kulit batangnya sangat memiliki daya tarik, tanaman bonsai ini menjadi salah satu bonsai favorit di kalangan pecinta bonsai.

BACA JUGA : CARA MEMBUAT BONSAI KELAPA BERBUAH DAN BERCABANG

Nah, kali ini saya akan menjelaskan mengenai pohon sisir kaliage. Mulai dari ciri-ciri pohon, belajar cara membuatnya hingga bonsai juara dan memiliki harga jual yang tinggi. Berikut penjelasannya.

Ciri – Ciri Bonsai Kaliage (Sisir)

bonsai kaliage termahal

ppbi

Ciri ciri Pohon atau tumbuhan sisir kaliage di alam liar adalah banyak ditemukan dan tumbuh di daerah perbukitan, hutan dan juga pegunungan. Pohon ini sudah tidak asing lagi bagi kalangan pecinta tanaman hias kerdil, karena tanaman ini sangat mudah untuk di jadikan bonsai.

Pohon kaliage atau yang sering disebut sisir memliki nama latin Cudrania Chochinsinensis.

Apabila kamu ingin melihat produk bonsai kami klik di jual bonsai

Pohon kaliage mempunyai karakteristik sebagai berikut :

  • Memiliki warna oren muda atau hijau hulk pada bagian luar batangnya.
  • Kulit luar seperti  terbelah memanjang seperti halnya kulit pohon yang sudah tua.
  • Memiliki daun berwarna hijau dan rimbun, karena tanaman ini merupakan tanaman semak belukar
  • Mempunyai duri yang panjang dan juga kaku dengan ujung yang tajam.

Tanaman kaliage mempunyai banyak jenis, seperti berbwarna kuning, hijau dan bintang. Tanaman ini bisa beradaptasi untuk bertahan hidup didaerah yang sangat panas ataupun daerah yang sangat dingin ketika di tanam di dalam pot.

Cara merawat tanaman kaliage cukup mudah, anda hanya cukup menyiram dengan secukupnya saja karena tanaman ini sangat kuat dalam berbagai macam cuaca.

Tumbuhan sisir mempunyai banyak keunikan dan keunggulan, sehingga banyak orang yang menjadikan tanaman ini menjadi tanaman bonsai sisir juara.

Cara Membuat Bonsai Sisir (Kaliage)

bonsai sisir kaliage

wordpress.com

Proses pembuatan tanaman ini sebenarnya sangat mudah tidak jauh berbeda dengan penanaman bonsai pada umumnya, namun disini saya akan menjelaskan trik trik jitu supaya tanaman sisir yang kamu punya menjadi bonsai juara.

BACA JUGA : JENIS TANAMAN BONSAI LIAR

Terlebih dahulu kamu harus mempersiapkan bahan-bahan sebagai berikut :

  1. Tempat tanam (pot)
  2. Bakal bonsai sisir
  3. Media tanam seperti tanah yang di campur dengan pupuk kompos
  4. Sektisida dan pestisida untuk mencegah hama.

Pastikan bahan-bahan tersebut sudah di siapkan semua, yang pertama harus kamu lakukan adalah menanam bakal bonsai sisir terlebih dahulu. Tetapi, penanaman bakal bonsai sisir ini tidak sembarangan supaya bonsai sisir dapat tumbuh dengan baik.

Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini supaya tidak terjadi kesalahan saat  penanaman bakal kaliage :

Cara Menanam Bakal Bonsai Sisir

berburu bakalan bonsai

maintanam.com

Siapkan bakal bonsai yang bagus dan tidak terkena penyakit, langkah selanjutnya adalah sebagai berikut :

  • Sediakan tanah dan kompos, selanjutnya mencampurkannya dengan perbandingan 2 : 1.
  • Setelah itu, masukan campuran tersebut ke dalam pot sampai 1/4 bagian pot terisi oleh media tanam tadi.
  • Masukan bakal bonsai yang sudah disiapkan ke dalam pot.
  • Timbun dengan media tanam sampai pot terisi penuh.
  • Bakal bonsai yanng sudah ditanam, harus di biarkan terlebih dahulu supaya tumbuh dengan baik.
  • Setelah di biarkan selama kurang lebih 10 hari, berikan pestisida ke permukaan tanah dalam pot agar bonsai tidak terserang penyakit.
  • Biasanya pestisida yang digunakan untuk menanam bonsai adalah dengan menggunakan Furdan bubuk.

Pestisida bubuk digunakan karena pestisida yang ditaburkan ke permukaan tanaman akan serap akar tanaman dan mengalir ke semua bagian tubuh pohon.

Sehingga tanaman sisir akan mempunyai cukup antibody yang lebih kuat untuk melawan penyakit dan hama yang menyerang bagian dalam tanaman.

Baca Juga : 14+Cara Membuat Bonsai Sancang Juara (Terbaik)

Setelah penanaman bonsai dilakukan, kamu bisa menunggu tanaman ini tumbuh hingga siap untuk dijadikan bonsai. Kita dapat mengatur besar kecilnya tanaman bonsai sisir dengan interfal waktu yang anda berikan kepada tanaman ini.

Proses Pembonsaian Pohon Kaliage (Sisir)

bonsai sisir

centralbonsai.com

Sebelum kita memulai proses pembonsaian tanaman ini dilakukan, kamu harus mengikuti cara-cara berikut ini agar bonsai sisir kamu bisa juara dan terbaik :

  1. Pangkas setiap bagian ranting daun tanaman ini.
  2. Bentuk tanaman ini sesuai apa yang kamu inginkan.
  3. Setelah menemukan  pola yang sesuai, kamu bisa melakukan pelilitan dengan menggunakan kawat yang sesuai dengan ukuran ranting pohon sisir kamu.

Bakalan Bonsai Kaliage Dongkalan

pohon kaliage di hutan

aretomedia.com

Pohon atau tanaman kaliage biasanya banyak tumbuh di alam liar daerah perbukitan dan tepi sungai, disanalah pohon ini bisa tumbuh subur.

Pemburuan bakal kaliage dongkalan baiknya jangan sendirian,  minimal ada teman yang mengantar. Cara mencari dongkelan pohon kaliage adalah telusuri aliran sungai di dalam hutan, pasti kamu akan banyak menemukan pohon kaliage atau pohon yang bisa di jadikan tanaman kerdil.

Baca Juga : 7+ Tips Penanaman Bonsai Loa Juara (Rekomendasi)

Apabila kamu akan berburu bakalan pohon sisir di alam liar, baiknya kamu mendongkel semua akar serabutnya supaya saat ditanam ke media pot, kemungkinan hidupnya semakin lama dan semakin bagus.

Bonsai Sisir Kaliage Juara

bonsai sisir kaliage

vidoops.com

Batang bonsai ini memiliki pohon yang mudah untuk dibentuk sesuai dengan yang kita inginkan, sehingga bonsai bisa menjadi sangat menarik.

Akar pohon sisir sangat cantik, sehingga cocok untuk dijadikan tanaman bonsai yang berkualitas bernilai jual tinggi. Tanaman sisir sangat mudah dalam proses perawatannya, kamu cukup merawat seperti layaknya tanaman bonsai lainnya supaya tanaman ini selalu terlihat cantik.

Bonsai sisir terbaik ini menjadi incaran oleh para pecinta tanaman kerdil, karena tanaman ini sangat populer di kalangan pecinta bbonsai, kamu juga bisa memiliki tanaman ini untuk dijadikan salahsatu tanaman andalan kamu di rumah.

BACA JUGA : BONSAI SERUT AKAR TERBALIK

Tanaman bonsai sisir mempunyai banyak jenis yang berbeda ada yang kecil dan ada juga yang besar, salah satunya dari pohon kaliage. Kamu bisa menemukan tanaman ini dalam bentuk bonsai.

Ciri dari bonsai sisir adalah memiliki daun kecil dan memiliki bunga berwarna putih. Buah yang memiliki warna hijau namun bunga dan buahnya jarang muncul karena terlalu kecil.

Tanaman bonsai sisir merupakan tanaman bonsai yang memiliki daya tarik tersendiri dengan akar yang memiliki karakter sangat bagus. Kamu bisa meletakan bonsai ini di halaman rumah kamu, dengan menambahkan bebatuan atau lumut hijau agar terlihat mempesono.

Pot yang paling cocok untuk digunakan tanaman ini adalah pot yang sesuai atau serasi dengan karakter pohon ini. Kamu bisa menemukan bonsai sisir juara dengan harga yang tinggi.

Dengan mengetahui mengenai cara menanam bonsai sisir, kamu bisa menanam tanaman ini dengan sekedar hobi, koleksi ataupun nanti dijualnya dengan harga tinggi.

Cukup sekian artikel kali ini, apabila kamu ingin menanyakan sesuatu mengenai bonsai, kamu bisa mengisi kolom komentar dibawah.

Salam pecinta tanaman kerdil.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply