14+ Cara Membuat Bonsai Murbei Berbuah Lebat

Bonsai Murbei atau Morus alba merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat. Selain dapat dimanfaatkan buahnya, ternyata tanaman ini juga dapat dimanfaatkan untuk dijadikan hiasan sekaligus dapat di petik dan dinikmati buahnya. Sehingga tanaman ini sangat cocok untuk dibudidayakan.

Ingin membeli bonsai atau gunting stek ? klik disini aja gan 🙂

Agar anda semakin yakin untuk menjadikan murbei menjadi salah satu tanaman budidaya anda, berikut akan kami jelaskan kandungan murbei yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Ciri Bonsai Tanaman / Pohon Murbei

murberry bonsai

blogspot.com

Bonsai murbei adalah salah satu tanaman yang berasal dari Cina dan sangat familiar di budidayakan masyarakat Indonesia. Pohon ini dapat tumbuh pada ketinggian lebih dari 100 mdpl. Selain itu tanaman ini juga merupakan salah satu tanaman yang memerlukan banyak sinar matahari.

Ciri umum dari pohon murbei yaitu memiliki tinggi sekitar 9 m, memiliki banyak cabang dan juga daun yang rimbun. Pada cabang yang muda terdapat rambut – rambut halus.

Tanaman ini memiliki daun tunggal berbentuk bulat telur serta bergerigi pada bagian tepi daun. Daunnya berwarna hijau dan terletak secara berseling – seling. Tangkai daun memiliki panjang 4 cm.

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang gampang – gampang susah untuk mencapai pertumbuhan yang maksimal. Karena, biasanya tanaman ini menjadi makanan pokok bagi ulat sutera. Sehingga tidak jarang saat tanaman ini sudah mulai besar akan ditemukan banyak ulat sutera yang mulai memakan daun – daunnya.

Baca Juga : 9+ Tips Ampuh Membuat Bonsai Beringin Terbaik & Mahal (Terlengkap)

Cara Penanaman Bonsai Murbei

cara membuat bonsai murbei

bukalapak.com

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang dapat ditanam pada berbagai jenis tanah, namun tetap harus diperhatikan keadaan tanah agar memiliki iklim yang cocok dan dapat tumbuh dengan baik.

Baca Juga : 9+ Cara Ampuh Membuat Bonsai Anting Putri (Berbunga Putih Halus)

Upayakan tanah yang digunakan tidak tergenang oleh air agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Berikut akan dijelaskan langkah – langkah penanamannya;

  • Tahap pertama yang harus dilakukan adalah persemaian. Biasanya untuk mendapatkan hsil yang maksimal dalam waktu yang cepat, maka dapat menggunakan cara stek.
  • Pilihlah batang yang memiliki panjang 20 – 25 cm dan memiliki diameter 1 – 2 cm dengan ruas sekitar 3 – 4 ruas atau buku.
  • Lakukan stek pada batang yang telah dipilih dan tunggu sampai berumur satu tahun, untuk kemudian dapat ditanam batang tersebut.
  • Saat sudah mencapai satu tahun, maka saat pemotongan batang, harus dilakukan kira – kira 45 derajat.
  • Tahap selanjutnya adalah tahap persemaian dengan menggunakan polybag.

Penanaman Mulberry Bonsai Menggunakan Polybag

cara menanam bonsai di polybag

Pada penanaman dengan menggunakan polybag kali ini, tanaman yang digunakan adalah tanaman yang memiliki panjang 25 – 30 cm dan lebarnya 15 cm. Untuk tahap – tahap penanaman berikut penjelasannya;

  • Siapkan media tanam yang akan digunakan yaitu dengan menggunakan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang dan juga kapur secukupnya.
  • Tahap selanjutnya adalah menanam tanaman. Dimana setiap 1 polybag berisi 1 stek batang. Jika tanaman sudah terlihat besar, umumnya berusia 3 bulan, maka dapat anda pindahkan ke tempat yang lebih luas seperti halaman rumah.
  • Tahap terakhir yaitu tahap perawatan awal, yaitu dengan melakukan penyiraman secara teratur.
  • Setelah tanaman sudah cukup dewasa, tahap selanjutnya adalah pembuatan bonsai.

Tahap ini sama dengan pembuatan bonsai pada umumnya, yaitu dengan cara membentuk ranting dan batang tanaman dengan menggunakan kawat sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

Pilihlah batang yang kokoh sehingga mudah untuk dililiti kawat dan tidak mudah patah. Untuk bagian – bagian batang ataupun ranting yang tidak digunakan, sebaiknya dilakukan perapian dengan melakukan pemotongan pada bagian – bagian yang tidak dibutuhkan.

Baca Juga : 11+ Tips Ampuh Cara Membuat Bonsai Kelapa Bercabang dan Berbuah

Tahap selanjutnya adalah menunggu sampai tanaman dapat tumbuh dengan baik. Jika tanamannya sudah cukup besar dan kokoh, maka lilitan kawatnya dapat anda lepas dan pastikan pohon tersebut tidak patah.

Penanaman Bonsai Murbei Menggunakan Sistem Lubang

lubang tanam

wordpress.com

Setelah dijelaskan tahapan – tahapan dalam menanam murbei di polybag, selanjutnya akan dijelaskan cara menanam murbei menggunakan sistem lubang. Tahap – tahap yang perlu di perhatikan adalah sebagai berikut;

  • Pilihlah jarak lubang sesuai dengan keinginan anda. Biasanya jarak yang digunakan adalah 1 x 0,5, 1 x 0,4 m atau 0,5 x 0,5 m. Sedangkan untuk ukuran lubang yang digunakan adalah 40 x 40 x 40 cm atau 50 x 50 x 50 cm.
  • Sama seperti menanam dengan menggunakan media tanah lainnya yaitu jangan lupa memberikan pupuk kandang atau kompos pada masing – masing lubang sebanyak 2 – 3 kg per lubang.
  • Saat penanaman jangan sampai lupa untuk merobek plastik dan kemudian di tutup dengan tanah.

Setelah anda mendapatkan penjelasan mengenai cara penanaman dan pembuatan bonsai, penjelasan selanjutnya adalah penjelasan mengenai manfaat murbei.

Penjelasan ini bertujuan agar anda semakin yakin untuk menanam tanaman ini. Meskipun perawatannya tidak terlalu mudah, tetapi karena banyaknya manfaat akan membuat anda untuk tertarik menanamnya.

Cara Membuat Bonsai Murbei Berbuah Lebat

murbei

faunadanflora.com

Apabila bonsai murbei kamu ingin berbuah lebat, cara dibawah ini merupakan cara paling ampuh agar bonsai kamu berbuah. Ikuti langkah berikut dengan rutin.

  1. Lakukanlah pemupukan dengan menggunakan ppupk organik
  2. Investasi matahari sangatlah dibutuhkan agar merangsang pertumbuhan buah
  3. Pemangkasan pun harus dilakukan untuk meningkatkan produksi dan memelihara tanaman
  4. Pelukan juga dibutuhkan untuk merangsang dan melakukan regenerasi
  5. Terakhir adalah jangan lupa untuk menyiram dengan rutin, 2 kali sehari setiap pagi dan sore.

Harga Bonsai Murbei

pohon murbei

bukalapak.com

Perawatan dari tanaman ini yang membutuhkan perhatian, membuat tanaman ini memiliki harga yang baik dipasaran. Untuk harga bibitny saja, bonsai murbei di hargai Rp75.000 – Rp200.000. sedangkan jika tanaman ini sudah dewasa harganya bisa mencapai 1 juta.

Harga ini dapat meningkat dengan tajam saat bonsai murbei memiliki nilai estetika yang tinggi saaat pembuatan bentuk pohon bonsainya.

Kandungan Murbei

buah murberry

sakerapedia.com

Tanaman yang memiliki banyak khasiat ini ternyata mengandung beberapa zat, diantaranya; ecdysterone, inokosterone, eugenol, butylamine, trigonelline, cholin, adenin, asam amino, copper, zinc, vitamin (A, B1, C dan karoten), asam klorogenik, asam fumarat, asam folat dan juga masih banyak kandungan yang lainnya.

Manfaat Buah Murbei

manfaat buah murbei

blogspot.com

DIbawah ini merupakan khasiat buah murbei yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Diantaranya adalah :

  • Menurunkan kadar glukosa darah

Berdasarkan jurnal The American Journal of Chinese Medicine yang dikeluarkan pada tahun 2012, menunjukkan bahwa murbei mengandung gallic acid atau asam galik yang berfungsi dalam menurunkan kadar glukosa dalam darah.

  • Mengatasi kolesterol tinggi

Bagian dari murbei yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol adalah daunnya. Sebagaimana jurnal Biomed Research International yang dikeluarkan pada tahun 2013.

  • Mencegah dan mengatasi peradangan

Lagi – lagi yang dapat digunakan untuk mengurangi peradangan adalah daun murbei. Sebagaimana The Journal of Functional Foods yang dikeluarkan pada tahun 2013. Kandungan flavonoid dan antosianinnya sangat efektif untuk menstimulasi regenerasi sel.

  • Memperbaiki sirkulasi darah

Kandungan pada daun dan buah murbei yang mengandung resveratrol berfungsi untuk menstimulasi aliran darah agar dapat mengalir dengan lancar.

Sehingga jika peredaran darah lancar, pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh dapat berjalan secara optimal. Jika peredaran darah optimal, maka reaksi dan metabolisme yang terjadi di dalam tubuh dapat bekerja dengan baik.

  • Sebagai anti kanker

Berdasarkan jurnal Evidence Based Complement Alternat Medicine yang dikeluarkan pada tahun 2013. Menunjukkan bahwa daun murbei memiliki antioksidan yang dapat berfungsi dalam mencegah kanker.

Kandungan antosianin, quercetin, polifenal, kaemferol dan methanolic acid terbukti bekerja dengan fungsi menghambat terjadinya kerusakan DNA dan kerusakan fungsi regenerasi sel yang bisa memicu terbentuknya sel kanker.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai bonsai murbei, dari mulai ciri – ciri, penanaman dan manfaat pohon murbei.

Apabila kamu ingin menanyakan sesuatu mengenai bonsai berbuah, kamu bisa menanyakan pada kolom komentar dibawah. Salah satu hobi 🙂

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply