1

5+ Cara Perawatan Bunga Buah Naga agar Tidak Busuk (Fakta Menarik)

Bunga buah naga – Pohon buah naga merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Meksiko. Tanaman buah naga mirip dengan tanaman kaktus karena batangnya yang berwarna hijau dan memiliki duri, pohon naga juga memiliki bunga yang indah yang berwarna putih.

Bunga buah naga tadinya dari duri, kemudian duri inilah bunga akan tumbuh. Bunga pohon ini memiliki bentuk sedikit oval dan bulat, serta kulitnya yang menyerupai kulit naga.

Dalam artikel kali ini saya akan membahas mengenai indanya bunga yaang dimiliki buah naga dan cara merawat bunga naga agar tidak busuk dan rontok.

Indahnya Bunga Buah Naga

manfaat bunga buah naga

trivadvisor.com

Selain buah naga yang memiliki rasa yang segar dan zat-zat yang terkandung di dalamnya bermanfaat, bunga pohon naga ternyata memiliki keindahan apabila sedang mekar. Tetapi, sayangnya waktu mekar bunga buah naga hanya mekar beberapa jam saja pada malam hari.

Pada saat matahari meninggi, bunga pun mulai menguncup dan layu. agak sama dengan wijaya kusuma yang juga mekar pada malam hari dan bunga menjadi layu pada siang hari.

Mahkota bunga yang memiliki warna putih terang dengan kelopak bunga yang berwarna kuning bergaris merah di tepi. Saat berbunga, pohon buah naga ini dapat menghasilkan 30 bunga tetapi mekar dengan cara bergantian.

Tidak semua bunga akan menjadi buah, tetapi yang menjadi buah hanya beberpa saja, pembuahan akan lebih banyak apabila tahap penyerbukan dibantu oleh manusia.

Cara menanam buah naga ini mudah sekali, yaitu dengan cara stek batang. Biasanya batang baru akan muncul pada sela sela duri. Agar bertumbuh dengan baik pohon naga harus diberi topangan agar bisa merambat dengan baik.

Cara Merawat Bunga Buah Naga Agar Tidak Buruk dan Rontok

cara merawat bunga buah naga

mindyourdirt.com

Buah naga termasuk jenis tanaman yang tangguh lho, tanaman ini juga jarang sekali terserang hama dan virus. Tapi, tanaman buah nagaa juga jenis tanaman yang manja juga memerlukan perawatan.

Secara umum tanaman buah naga sulit untuk berbuah tanpa dibantu oleh orang untuk melakukan proses perkawinan. Oleh karena itu, untuk yang baru memiliki buah naga sering kali tanaman buah naga yang dimilikinya tidak berbuah.

Bagi yang baru menanam pohon buah naga sering kali pohon buah naganya berbunga, namun tidak sampai berbbuah. Hal tersebut disebabkan karena bunga pohon buah naga rontok atau gugur sebelum menjadi bakal buah.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Tetapi, pada umumnya disebabkan tidak ada bantuan dari pihak penanamnya dalam melakukan penyerbukan/perkawinan bunga naga.

Berikut ini adalah penyebab bunga buah naga busuk dan menjadi berguguran dan juga cara merawat bunga naga agar tidak rontok.

Bunga Naga Rontok karena Serangan Hama dan Virus

gambar-bunga-naga

tripadvisor.com

Pohon buah naga yang kita kenal adalah tanaman yang kebal terhadap serangan hama, tetapi tidak demikian dengan bunganya. Bunga yang telah melewati tahap penyerbukan atau perkawinan pun masih bisa rontok disebabkan serangan hama.

Masing-masing hama menyerang bagian yang berbeda-beda pada bunga buah. Misalnya ulat, hama jenis ini memakan bakal buah naga yang baru berbentuk setelah proses perkawinan atau penyerbukan.

Selain itu, hama jenis lain yang mungkin bisa menyerang bunga adalah penggerek. Hama jenis penggerek biasanya suka menghisap cairan sel pada bakal buah yang baru berbentuk

Kita dapat memberi pestisida pada tanaman buah naga agar tidak terserang hama.

Bunga Rontok karena Faktor Petani

petani buah naga

korankaltim.com

Bantuan dari petani atau si penanam buah naga sangat penting terhadap keberhasilan bunga buaah naga yang berubah menjadi buah. Apabila hanya mengharapkan bantuan alam ataupun lebah, bisa jadi bunga tidak bisa berkembang menjadi buah. Untuk itu pengaruh petani sangatlah penting untuk penyerbukan bunga.

Bunga buah naga hanya mekar sekitar satu tahun sekali, itu terjadi biasanya pada malam hari. Bila sampai pagi tidak melakukan penyerbukan, bunga akan rontok dan tidak jadi berbuah.

Cara Mengawinkan Bunga Naga

cara-mengawinkan-bunga-buah-naga

amazon.com

Cara mengawinkan bunga naga yaitu Saat bunga melakukan penyerbukan, anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Anda bisa menggunakan beberapa alat yaitu ember yang fungsinya sebagai tempat penampunngan serbuk sari yang diambil
  • kuas yang berfugsi sebagai pengambilan serbuk bunganya.

Kita bisa mengambil serbuk sari menggunakan kuas dari banyak bunga sekaligus dan nantinya akan dicampur didalam ember. Selanjutnya, ambil serbuksari dalam ember, selanjutnya letakan dengan perlahan pada kepala putik.

Sampai disitu, proses perkawinan atau penyerbukan telah dilakukan dan setelah itu kita hanya perlu menunggu sampai bunga berkembang menjadi buah naga.

BACA JUGA : ANEKA GAMBAR BUNGA MAWAR TERLENGKAP

Bunga Rontok Karena Kurang Pupuk dan Nutrisi

gambar-buah-naga

baag.com

Pada saat awal memasuki masa berbunga dan berbuah, pohon buah naga biasanya membutuhkan pupuk dalam jumlah yang lumayan banyak. Banyaak sekali yang pohon buah naga butuhkn, namun yang memiliki kebutuhan yaang paling banyak adalah unssur kalium dan unsur fosfat.

Bila media tanam menggunakan tanah dan kekurangan unsur tersebut, maka dapat menyebabkan bunga buah naga  mengalami keguguran, dan apalagi tanaman jika tanamaan ini kekurangaann aair, yang terjadi kerontokan buahnaga akan rontok.

Kamu dapat memberikan pupuk yang kaya akan kalium dan juga mencukupi pasokan air bagi tanaman naga.

BACA JUGA : ANEKA BUAH BUAHAN

Bunga Rontok Karena Faktor Alam

merawat-bunga-naga-yang-rontok

ilmubudidya.com

Selain dapat membantu dalam penyerbukan bunga, alam juga malah dapat menggugurkan proses penyerbukan bunga. Cuaca yang ekstrim yang kerap terjadi di musim hujan juga dapat mempengaruhi faktor rontoknya bunga naga.

Cuaca yang cukup tinggi dapat menjadikan bunga tanaman ini akan basah. Hal tersebut, tidak jarang serbuk sari bunga naga menjadi lengket dengan yang lainnya disebabkan oleh air yang melengkatkaan mereka.

Jadinya, serbuk sari tidak dapat bekawin. Cara mengatasi hal ini, kita bisa menggunakan plastik buat menutupi bunga, sehingga asupan bunga terlinddingi dari curah hujan yang tinggi.

Itulah tadi cara-cara perawatan tanaman buah naga agar tidak rontok dan berhasil menjadi buah. Penting sekali bbagi kamu mengenali faktor faktor yang mempengaruhi rontokya bunga, sehingga kamu dapat mencegah dan mengetahui solusi agar tanaman buah naga yang kamu miliki terus berbuah.

Apabila kamu menanam tanaman buah naga dalam jumlah besar, jangan lupa untuk sealu menjaga, merawat serta membantu penyerbukan bunga naga.

Karena, Dikala mekar yang seingkat dan kurangnya faktor pembantu seperti faktor alam dan lebah membuat tingkat keberhasilan bunga sangat kecil apabila tidak kamu bantu dalam penyerbukan.

Pada umumnya, buunga mulai mekar pada jam 8 malam dan berakhir dipagi hari, kamu bisa membantu penyerbukan dalam selisih waktu tersebut. Hal ini memang suka menjadi tantangan tersendiri bagi para penanam buah naga. Karena bunga mekar pada waktu tidur sedang kita.

BACA JUGA : NAMA NAMA BUNGA TERLENGKAP

Semoga artikel kali ini dapat membantu anda dalam menanam buah naga agar tanaman buah naga yang  kita miliki akan terus berbuah tanpa mengalami pengguguran pada bunganya.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply