1

6+ Trik Jitu Cara Menanam Toge Hasil Melimpah Ruah (Toge Gemuk)

Touge atau sering di sebut kecambah/toge merupakan jenis sayuran yang di hasilkan dari biji bijian seperti biji kacang, toge yang sering dikonsumsi merupakan toge dari kacang hijau. Namun, tahukan anda mengenai cara membuat dan menanam toge dari kacang hijau ?

Dalam artikel kali ini decyra mau menerangkan seputar tanaman toge,  cara menanam agar menghasilkan tauge yang gemuk serta tahap perawatannya yang jarang orang lakukan.

Mengonsumsi tanaman toge dipercaya bermanfaat untuk kesuburan, selain itu menanam tanaman tauge panjang juga terbilang mudah, asalkan anda mengikuti proses penanaman dengan baik dan benar.

Cara Menanam Toge Untuk Konsumsi Sendiri

cara membuat tauge gemuk

pertanianku.com

Tanaman yang masih muda ini sering disebut toge atau kecambah, saat ini harga toge dipasaran megalami peningkatan karena semakin banyaknya permintaan dari pasar.

BACA JUGA : MACAM MACAM SAYURAN DAN MANFAATNYA

Padahal dari pada kita membeli toge dipasar, kita juga bisa membuat toge sendiri dirumah, karena caranya terbilang sangat mudah. Berikut cara atau tutorial menanam toge dan cara pembuatan touge yang gemuk, putih dan besar-besar dengan mudah :

Pemilihan Benih

kecambah terbuat dari kacang hijau

ramarabiansyan

Sebelum kita menanam toge, hal pertama yang perlu disiapkan adalah memilih bibit atau benih toge yang mempunyai kualitas baik. Pemilihsn benih yang baik akan menghasilkan toge yang berkualitas baik.

Benih toge baiknya menggunakan biji kacang hijau atau bisa juga dengan biji kacang kedelai. Tetapi, tanaman toge yang benihnya dari biji kacang hijau lebih orang sukai dari pada dari biji kacang kedelai.

Cara membuat kecambah dari kedelai sedikit berbeda, biasanya membuatnya hanya merendam biji kacang kedelai ke dalam ember, kemudian di  tutup dengan kain dan kecambah kedelai bisa di panen.

Dalam pemilihan benih kali ini saya akan menerangkan pemilihan beih dari kacang hijau, tahapan – tahapannya adalah sebagai berikut :

  • Sediakan sekitar 1 kilogram biji kacang hijau yang memiliki kualitas baik
  • Pastikan biji tersebut benar-benar kering
  • Biji yang baik yaitu berwarna hijau mengkilap, ukuran besar, tidak cacat dan juga tidak busuk
  • Selanjutnya, cuci bersih biji tersebut serta buang kotoran dan biji yang mengapung (biji yang mengapung memiliki kualitas yang jelek)
  • Rendam biji kacang hijau di dalam air sekitar satu hari satu malam
  • Pilih biji yang tenggelam saja

Persiapan Media Tanam

cara menanam toge dengan kain flanel

miarfauziar

Media tanam sangat penting untuk proses pertumbuhan toge, kali ini saya akan menerangkan media tanam menggunakan kain flanel dan tambahan kain strimin.

Mengapa kain flanel ?

Kain flanel dipilih untuk media tanam toge karena memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengontrol air dan kelembaban, sehingga  tanaman toge tidak akan busuk.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menyiapkan media tanam :

  1. Sediakan 2 jenis nampan atau tray, naman pertama dengan lubang kecil-kecil dan nampan yang kedua adalah nampan yang tanpa lubang yang berfungsi menampung air
  2. Potong kain flanel dan sesuaikan dengan nampan yang disiapkan
  3. Potong 5 lembar kain flanel dan kain strimin 3 lembar
  4. Basahi semua kain tersebut
  5. Selanjutnya siapkan kontrainer tertutup yang sudah diberi lubang di beberapa bagian

Apabila anda ingin budidaya toge menggunakan tisu atau kapas sebagai media tanamnya, anda tinggal mengganti bagian media tanamnya menggunakan yang anda inginkan seperti media tanah, dengan gelas plastik, atau pun ember tetapi hasilnya tidak sebaik dengan menggunakan kain flanel.

Cara Menanam Biji Kacang Hijau agar Cepat Tumbuh

cara membuat tauge jepang

miarfauziar

Tahap yang paling penting dalam membuat touge tentunya adalah proses penanaman. Keberhasilan budidaya tanaman ditentukan oleh teknik penanaman yang benar dan sesuai.

Kesalahan teknik tanam akan menyebabkan pohon tidak tumbuh dengan baik atau bahkan mati, sehingga panen tidak akan terjadi. Untuk mengatasi kegagalan tersebut maka tahapan ini wajib anda lakukan :

  1. Letakan nampan yang berlubang di atas nampan yang tidak memiliki lubang dengan posisi ditumpuk
  2. Lapisi bagian bawah nampan berlubang dengan satu lapis kain strimin
  3. Letakan kain flanel yang sudah dibasahi diatas kain strimin
  4. Tebarkan bibi kacang dengan merata diatas kain flanel
  5. Tutup lagi biji kacang dengan satu lapis kain strimin
  6. Lakukan langkah yang sama seperti poin 2, 3 dan 4 sampai menjadi 3 lapisan kain flanel
  7. Selanjutnya, tutup bagian atas lapisan dengan menggunakan sisa 2 lembar kain flanel (langkah ini untuk menghindari sinar matahari langsung
  8. Masukan wadah media tanam ke dalam kontainer tertutup yang sudah diberi lubang
  9. Simpan ditempat yang gelap supaya kualitas toge  yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik.

Tahap Pemeliharaan Toge / Kecambah

cara membuat toge (gambar pohon toge)

maintanam.com

Upaya keberhasilan panen toge adalah dengan melakukan pemeliharaan yang baik. Pemeliharaan tanaman toge dilakukan dalam waktu yang singkat yaitu 3 hari saja.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perawatan tanaman toge adalah sebagai berikut :

  • Ruang penyimpanan harus dipastikan gelap dan cahaya matahari tidak masuk
  • Apabila tanaman toge terkena sinar matahari, maka tanaman toge tidak akan memiliki warna yang menarik dan rasanya pun berbeda dengan toge yang segar.

Masa Panen Tanaman Toge

budidaya tauge skala besar

biizaa.com

Usia panen tanaman toge tidak lama setelah tahap penanaman, yakni 4 hari sesudah ditanam. Berikut ini adalah langkah yang harus dilakukan ketika panen toge :

  • Sediakan gunting sebagai alat panen
  • Ambil tanaman toge dari tempat penyimpanan
  • Lepaskan nampan yang berisi toge dari dalam konteiner
  • Buka lapisan kain flanel yang paling atas
  • Angkat dengan cara hati-hati kain strimin lapisan pertama, tanaman toge dan kain flanelnya
  • Untuk menghilangkan lapisan tudung pada toge, bisa dilakukan dengan menggoyangkan lapisan tadi dengan menghadap bagian bawah
  • Sediakan wadah bersih
  • Potong tanaman toge dengan gunting secara merata
  • Potong pada bagian lapisan atas kain flanel dan meninggalkan bagian akarnya

Apabila anda akan budidaya tauge dalam skala besar, cara – cara tersebut juga bisa digunakan, namun dalam ukuran yang di sesuaikan.

BACA JUGA : CARA MEMBUAT HIDROPONIK SEDERHANA SENDIRI

Tips Menanam Toge dengan Kain Flanel

cara membat tauge gemuk

pelajaricaranya

Hasil panen dari tanaman toge bisa terbilang 2-4 kali lipat dari pada benih yang telah ditanam. Beberapa ahli pertanian menyebutkan bahwa dari 1 kg biji kacang hijau berkualitas baik bisa menghasilkan toge sekitar 4-7 kg toge.

Hal tersebut bisa saja menjadi peluang usaha yang menjanjikan dan juga menguntungkan. Berikut ini adalah cara menanam toge dengan kain flanel dengan mudah dan murah.

  • Baiknya bibit toge menggunakan biji kacang hijau berkualitas baik
  • Tempat penyimpanan selama proses tanam toge harus di tempat yang gelap tanpa ada sinar matahari masuk dan juga tempatnya bersih serta sirkulasi udara lancar
  • Pemeliharaan harus dengan rutin dan benar
  • Pastikan tidak ada hama dan penyakit yang menyerang

Sekian pembahasan mengenai menanam kecambah, proses pembuatan kecambah tersebut bisa juga di terapkan dalam membuat tauge jepang dan tauge tanpa akar.

BACA JUGA : CARA BUDIDAYA CABE RAWIT PANEN MELIMPAH

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, sekarng anda bisa  mempraktekan membuat toge Apabila ada pertanyaan yang ingin di sampaikan mengenai penanaman kecambah silahkan isi di kolom komentar di bawah.

Show Comments

One Response

  1. seoktavian April 27, 2019

Leave a Reply