1

8+ Jenis Jenis Sablon yang Sering Digunakan (Terlengkap)

Jenis Jenis Sablon – Bagi anda yang ingin mendesain kaos atau baju yang anda inginkan, tidak ada salahnya untuk mengetahui jenis – jenis bahan yang akan digunakan untuk menghindari ketidakpuasan anda dalam menerima hasil baju atau kaos yang ingin anda desain.

Nah, untuk itu kali ini kita akan membahas macam macam sablon berdasarkan tinta yang digunakan agar anda dapat mengetahui kualitasnya. Yuk simak penjelasan berikut ini.

Macam macam sablon berdasarkan tinta yang digunakan tersebut antara lain adalah:

  1. Sablon Rubber

sablon ruber

Sablon ruber.

Sablon ini merupakan sablon yang memiliki kualitas yang cukup baik dengan daya rekat pada kaos yang cukup kuat dan memiliki sifat yang elastis, sehingga tidak mudah tergores atau hilang saat dilakukan beberapa kali pencucian.

Selain itu, bagi anda yang ingin memulai bisnis sablon, untuk harga tinta sablon ini juga tergolong murah.

  1. Sablon Plastisol

sablon plastisol

Sablon plastisol.

Sablon ini juga merupakan salah satu jenis sablon terbaik, karena memiliki warna yang cukup baik. Saat itu warna tinta dari sablon ini juga beragam, sehingga bisa dibuat custom sesuai dengan warna dasar kaos.

Sablon dengan jenis plastisol ini ternyata juga sudah menjadi standar international lo… jadi tidak ada salahnya bagi anda untuk mencobanya.

Hanya saja penggunaan sablon ini memiliki sedikit kelemahan, yaitu pada saat disetrika dia akan mudah mengelupas. Sehingga disarankan untuk menyetrika bagian dalamnya saja.

  1. Sablon DTG

sablon dtg

Sablon dtg.

Sablon DTG juga biasa disebut dengan metode Print DTG. Sablon ini melakukan proses penyablonan sama dengan saat mengeprint kertas, sehingga proses pembuatan sablon pada metode ini tidak terbatas oleh warna dan dapat custome membuat desain.

Karena menggunakan printer, maka tidak ada batasan warna dalam penyablonan dan biasanya jasa penyablonan dengan metode ini tidak menggunakan sistem minimal order.

Dalam artian anda dapat memesan satuan.

  1. Sablon Flocking

sablon flocking

Sablon flocking.

Hasil sablon dengan jenis ini menimbulkan efek seperi ada bulu – bulu halus (flock) pada bagian sablonnya.

Pada permukaan bagian yang disablon jika dipegang seperti beludru dan penggunaan sablon ini tidak menggunakan tinta melainkan menggunakan serbuk atau pewarna bubuk.

  1. Sablon Glow in the Dark

Sablon Glow in the Dark

Sablon Glow in the Dark

Sebagaimana namanya, sablon ini dapat menyala saat berada dalam keadaan gelap. Hal ini terjadi karena penggunaan bahan fosfor pada bahan utama tintanya.

Hal tersebut merupakan salah satu sablon terbaik jika dilihat dari tingkat keawetannya.

  1. Sablon Discharge

Sablon Discharge

Sablon Discharge.

Jenis sablon ini memiliki beberapa keunggulan dan juga kelemahan. Dimana keunggulannya dia bisa menyerap pada kain sehingga dapat merubah tekstur warna kain.

Tetapi karena dia bisa menyerap pada kain, maka akan membuat hasil sablonan tersebut dapat memudar pada warna – warna kaos tertentu, seperti; hijau, biru dan ungu.

Selain itu, sablon ini juga tidak cocok digunakan pada beberapa jenis kaos.

  1. Sablon High Density

Sablon High Density

Sablon High Density.

Sablon ini merupakan hasil dari kombinasi antara tinta sablon transparan (Straight Up Gloss) dengan tinta sablon plastisol ini yang ditimpa diatasnya supaya menghasilkan efek timbul pada kaos. Jenis tinta ini termasuk jenis yang awet.

  1. Sablon Foil

Sablon Foil

Sablon Foil

Sebagaimana namanya, sablon ini menggunakan lapisan dari kertas logam / foil. Hasil dari sablon ini menghasilkan warna emas atau perak yang mengkilap, sehingga bagi anda yang menginginkan timbulnya warna yang mengkilap pada kaos anda, sablon ini dapat menjadi pilihan anda.

Selain itu sablon ini juga cukup awet dan tahan lama saat digunakan. Kamu bisa berkunjung ke konveksi kaos jogja yang harganya murah tapi meriah.

Demikian beberapa ulasan mengenai jenis – jenis sablon, semoga bermanfaat….

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply