17+ Jenis Tanaman Hias yang Wajib Anda Tanam di Rumah (Terupdate)

Jenis tanaman hias adalah tanaman yang sengaja di tanam dan memiliki daya tarik tersendiri bagi pemiliknya. Manfaat yang begitu beragam seperti mempercantik dan mengharumkan ruangan, sebagai hiasan/aksen fotografi, buket bunga, ataupun mengusir nyamuk dan serangga memberikan nilai tambah tersendiri bagi tanaman ini.

Tak heran jika tanaman ini menjadi banyak incaran orang sekedar untuk dekorasi rumah ataupun peluang bisnis yang menjanjikan.  Ada banyak jenis tanaman hias dan harganya.

Namun secara garis besar berdasarkan tempat penanamannya dapat dibedakan menjadi dua yaitu tanaman outdoor (luar ruangan) dan indoor (dalam ruangan).

Nah, bagi anda yang tertarik untuk menanam tanaman hias, perlu kiranya anda mengetahui macam-macam tanaman hias yang cocok untuk ditanam di rumah anda. Berikut ini beberapa penjelasan terkait tanaman hias beserta contoh dan manfaatnya.

Jenis Tanaman Hias Daun

jenis tanaman hias daun

kaboomcist via pixabay

Tanaman ini memiliki daya tarik keindahan pada daunnya. Saat ini banyak orang yang memanfaatkan tanaman hias daun untuk keperluan desain interior dan menciptakan kenyamanan serta kesegaran pikiran. Berikut ulasan tanaman hias daun yang dapat anda tanam di rumah.

Tanaman-tanaman hias daun sangat cocok di jadikan sebagai tanaman teras depan yang mempercantik rumah anda.

Berikut adalah nama tanaman hias daun dan gambarnya :

Lidah Mertua (Sansevieria)

lidah mertua (sansevieria)

gambar by katia

Tanaman ini banyak digemari masyarakat karena kemudahan perawatan dan keunikan daunnya. Selain itu Sanseviera juga merupakan tanaman yang mampu menyerap karbondioksida, radiasi dari berbagai macam alat elektronik, asap rokok dan jenis polusi lainnya untuk diubah menjadi oksigen.

Bagi anda yang ingin mempercantik ruangan, Sanseviera dapat menjadi salah satu tanaman pilihan anda dengan adanya tulang daun yang sejajar dan memperindah desain minimalis ruangan anda.

Spider Plants (Chlorophytum comosum)

Spider Plants (Chlorophytum comosum)

gardenloversclub.com

Tanaman hias yang daunnya menjuntai seperti kaki laba – laba. Tanaman ini sangat bermanfaat untuk menyerap benzena, formaldehida, karbon monoksida dan menyerap racun lainnya.

Tanaman ini justru akan tumbuh dengan baik jika tidak terkena matahari langsung dan sangat cocok untuk mempercantik di dalam ruangan.

Monstera deliciosa

Monstera deliciosa

houseofhome.com

Monstera adalah salah satu tanaman yang banyak di gemari saat ini. Bentuk daunnya yang unik dan warna hijau daun yang kuat memberikan kesan kesejukan dan atmosfer tropis di ruangan. Orang Tiongkokpun mempercayai bahwa monstera adalah simbol kemakmuran dan kesehatan.

Berbeda dengan tanaman yang lainnya Monstera merupakan salah satu tanaman yang toleran terhadap habitat yang sedikit cahaya matahari.

Tanaman ini juga toleran di tempatkan di area yang terdapat pendingin ruangan. Sehingga tanaman ini sangat cocok bagi anda yang ingin memperindah ruangan anda dan dapat melengkapi konsep minimalis ruangan yang ingin di ciptakan.

Puring (Codiaeum variegatum)

tanaman puring

nwe.odiesign.com

Puring adalah tanaman yang biasa ditemukan di luar ruangan seperti untuk taman minimalis. Bentuk daunnya yang berwarna – warni memberikan daya tarik tersendiri bagi pecinta tanaman hias. Selain dapat mempercantik pekarangan rumah anda, ternyata tanaman ini juga memiliki banyak manfaat.

Kandungan senyawa saponin, flavonoid dan polifenol pada daunnya dapat digunakan untuk pengobatan penyakit sifilis, sakit perut, sembelit, dan juga cacingan.

Puring juga termasuk tanaman hias daun merah yang bisa dijadikan tanaman pembatas rumah.

Cara penanamannya cukup mudah, yaitu cukup di tempatkan di tempat yang memiliki unsur hara yang cukup dan sedikit air. Karena tanaman ini membutuhkan banyak sinar matahari namun sedikit air, maka cocok dijadikan sebagai tanaman out door.

Palem

palem

tamantanaman.com

Palem merupakan tanaman kosmopolitan. Keberadaannya sangat mudah kita temukan di seluruh wilayah Indonesia. Palem adalah salah satu tanaman yang dapat tumbuh di berbagai jenis wilayah.

Tanaman ini dapat dimanfaatkan di pekarangan rumah sebagai peneduh jalan ataupun di dalam ruangan untuk memperindah ruangan. Cara menanamnya cukup membutuhkan perhatian.

Palem tidak menyukai genangan air, sehingga dibutuhkan media tanam tanah yang berpasir. Palem juga memerlukan pencahayaan yang penuh, kecuali pada saat perkecambahan dan pembibitan yang memerlukan sedikit cahaya.

Tanaman ini sangat cocok untuk ditaman depan rumah anda.

Tanaman Hias Bunga

jenis tanaman hias bunga

jill111 via pixabay

Tanaman hias bunga adalah tanaman yang menghasilkan bentuk, warna bunga yang bervariasi dengan aroma tertentu yang dapat digunakan untuk menghilangkan rasa stress dan mempercantik ruangan.

BACA JUGA : KUMPULAN GAMBAR BUNGA MAWAR TERLENGKAP

Tanaman bunga ini lebih disukai karena warna dan aromanya yang beragam sehingga bagus untuk teras rumah anda. Berikut beberapa tren tanaman hias bunga terbaru, nama dan contohnya :

Geranium

bunga geranium

jaclou-dl via pixabay

Bunga geranium tidak hanya dimanfaatkan sebagai penghias rumah tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir serangga yang sering menganggu kenyamanan keluarga anda. Warna yang beragam dan baunya yang khas merupakan daya tarik bagi bunga Geranium.

Perawatan bunga ini cukup mudah tidak seperti pada tanaman bunga yang lainnya yang memerlukan perawatan khusus. Cukup dengan di siram setiap sore dengan melihat tanahnya sudah terlihat basah, bunga ini akan tumbuh dengan subur.

Anda dapat memperbanyak penanamannya dengan mengambil tunas kecil yang biasa tumbuh disekitar geranium yang sudah besar untuk di pindah ke tempat yang anda kehendaki.

Tanaman bunga ini juga cocok untuk tanaman hias indoor , karena tanaman bunga ini juga bagus ditanam di tempat yang teduh.

Melati

tanaman hias bunga melati

dennies via pixabay

Melati dengan aromanya yang khas dapat memberikan berbagai macam manfaat bagi penggemarnya. Manfaat yang dapat diambil dari bunga melati sangatlah beragam, dari mulai pengharum, kosmetik, parfum, penghias rangkaian bunga dan lain – lain.

Selain itu bunga melati juga dapat dimanfaatkan dalam bidang kesehatan seperti:

  • sakit mata,
  • sesak nafas,
  • mencegah kolesterol,
  • menguatkan rambut,
  • mengurangi stress
  • susah tidur.

Perawatannya sama seperti tanaman pada umumnya cukup disiram air pagi dan sore dan sesekali dilakukan penyiangan untuk menjaga agar bunga melati dapat tumbuh dengan baik.

Mawar

tanaman hias bunga mawar

joergelman via pixabay

Bunga mawar banyak digemari karena aroma dan warna – warna yang dihasilkan yang cukup beragam sehingga menarik untuk dapat dijadikan sebagai pemanis hiasan rumah. Bunga ini cukup memerlukan perawatan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Agar mawar yang anda tanam menghasilkan warna – warna yang cantik maka yang perlu anda lakukan adalah melakukan penyiraman secara teratur, pemupukan, pengendalian hama serta pemangkasan secara teratur.

Bunga mawar sendiri memiliki banyak manfaat, seperti:

  • merawat kulit,
  • menjaga kesehatan rambut,
  • menjaga kesehatan mata,
  • mengobati kaki bengkak,
  • bau mulut dan lain – lain.

Tanaman Hias Kaktus

jenis tanaman kaktus

pixabay.com

Kaktus adalah jenis tanaman yang sangat toleran dengan kurangnya air. Sedikitnya jumlah air yang diperlukan membuat tanaman ini mudah untuk dirawat dan saat ini banyak digunakan sebagai pemanis meja kerja.

Bentuknya yang unik juga menjadi daya tarik tanaman kaktus. Berikut beberapa jenis tanaman kaktus:

Ariocarpus

kaktus ariocarpus

uhlig-kakteen.de

Ariocarpus adalah salah satu jenis kaktus yang unik. Jika umumnya kaktus memiliki duri yang cukup banyak, maka pada Ariocarpus tidak akan kalian temukan.

Ariocarpus memiliki bentuk daun berbentuk prisma. Bentuk daunnya ada yang tumpul, meruncing, dan melengkung. Bunga Ariocarpus memiliki warna yang beragam seperti merah, ungu, pink, kuning dan putih.

Echinocactus grusonii

jenis tanaman kaktus Echinocactus grusonii

charlemagne49 via pixabay

Echinocactus grusonii atau biasa disebut kaktus Golden Barrel termasuk kaktus yang digemari saat ini. Bentuknya yang bulat dan dikelilingi bulu duri disekitar tubuhnya merupakan daya tarik dari kaktus ini.

Tanaman ini dapat digunakan sebagai pemanis ruang kerja selain itu dapat juga dijadikan souevenir acara – acara tertentu.

Haworthia attenuata

kaktus haworthia attenuata

indoor-plants.com

Haworthia attenuata atau Zebra Cactus merupakan tanaman yang biasanya dijadikan hiasan di meja kerja atau hadiah.

Cara memelihara Haworthia yaitu dengan memberikan cahaya yang cukup, tapi sinar matahari tidak langsung, gunakan media tanam yang cepat kering dan siram secukupnya.

Bagi anda yang terbiasa menanam lidah buaya maka bukanlah sesuatu yang sulit untuk menanam Haworthia.

Jenis Tanaman Hias Gantung

jenis tanaman hias gantung

youtube.com

Tanaman hias gantung bukanlah jenis tanaman yang tumbuh secara khusus. Melainkan tanaman hias yang sengaja dibuat variasi tanam agar terlihat menggantung dan dapat mempercantik halaman, teras dan taman rumah.

Selain itu dengan cara menggantung juga dapat mempersempit lahan yang digunakan karena tanaman dapat diletakkan dimana saja hanya dengan menggantungnya.

Berikut adalah nama tanaman hias gantung dan gambarnya :

Sirih Blaster Heart

Tanaman Sirih Blaster Heart

firdausalasy.com

Sirih Blaster Heart adalah tanaman yang masih satu genus dengan tanaman sirih. Sirih ini memiliki ciri – ciri daun variegata dan berbentuk hati yang berwarna hijau dan krem.

Tanaman ini biasa tanaman hias yang merambat dan digunakan sebagai pemanis teras depan rumah dengan cara digantungkan.

Begonia

Tanaman Begonia

crocus.co.uk

Begonia adalah salah satu tanaman yang memiliki bentuk, warna, corak dan bunga yang beragam. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai penghias halaman, dan teras rumah.

Perawatannya sama seperti tanaman pada umumnya hanya perlu di beri pencahayaan yang cukup, di sirami dan untuk mendapatkan hasil yang bagus maka perlu di lakukan perapian dengan melakukan pemotongan secara teratur dibagian tertentu.

Fuschia atau Kembang Anting – Anting

kembang anting anting (fuschia)

groupon.co.uk

Fuscia sangat cocok untuk digunakan tanaman hias gantung. Bentuknya yang menggantung menyerupai anting – anting dapat digunakan pemanis teras rumah anda.

Tanaman ini bisa tumbuh subur dan bungannya akan mekar sepanjang tahun. Ada beberapa variasi warna yang dapat anda pilih seperi pink, merah, putih, ungu dan perpaduan warna lainnya.

Cukup sekian pembahasan mengenai tanaman tanaman hias murah dan cantik, apabila anda ingin menanyakan sesuatu mengenai tanaman hias kamu bisa mengisi kolom komentar dibawah.

Terkait :

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply