Kayu Jati Belanda : Asal Usul, Manfaat & Harga Kayu Jati Belanda 2019

Kayu jati belanda – sejatinya merupakan bukan asli kayu jati, melainkan kayu pinus. Namun kayu pinus kebanyakan orang menyebut istilah kayu jati belanda.

Istilah tersebut dimulai dari cerita orang yang membeli produk-produk impor alat alat berat atau mesin dari luar negeri, kayu pembungkusnya merupakan kayu dari pohon pinus. Karena berasal dari luar negeri ini mengapa kayu pinus di sebut dengan istilah itu.

Keberadaan kayu tersebut diambil dari bekas bekas potongan palet ataupun bekas bekas potongan sendiri. Jadi kayu ini sama sekali bukan jati, karena orang jawa biasanya barang atau benda yang dari luar negeri biasa disebut londo atau belanda.

Memiliki Keunikan

pohon pinus

sidomi.com

Pinus di indonesia memiliki tekstur keras dan padat seratnya, berbeda dengan kayu pinus diluar negeri yang berasal dari negeri yang memiliki 4 musim, seratnya yang mencolok dan teratur. Ternyata kayu jati londo memiliki bunga lho.

Kayu ini memiliki keunikan tersendiri yang dimilikinya, inilah keunikan kayu tersebut :

Bukan dari Kayu Jati Asli

kayu-jati-asli

shameersrk via pixabay

Kayu jati ini bukan berasal dari kayu jati melainkan kayu pinus (pinewood), ternyata kita selama ini salah menduganya.

Kayu ini biasanya sering digunakan sebagai kayu emas atau kayu palet untuk membungkus barang – barang impor dari luar negeri tepatnya eropa.

Kayu ini memiliki harga yang murah, berbeda dengan jenis kayu jati yang asli, harganyapun bisa 3 kali lebih murah dari kayu jati yang asli.

Bukan Berasal dari Belanda

pohon-pinus-belanda

schwoaze via pixabay

Kayu ini tidak semuanya berasal dari negeri belanda, tetapi hanya di impor dari luar negeri. Ada yang berasal dari jepang ataupun jerman.

Asal nama dari sebutannya yang sering merupakan kayu yang diimpor dari legeri luar. Jadi dikarenakan pendapat orang tua dulu yang sering memperkenalkan luar negeri sebagai belanda.

Mempunyai Banyak Sebutan Nama

sebutan-nama (jati belanda)

larsnissen via pixabay

Jenis pinus ini banyak memiliki sebutan nama dan bukan cuma kayu belanda, tetapi kayu ini sering juga disebut kayu eks palet atau kayu palet.

Ada juga yang menyebutnya kayu jati londo, londo sendiri berasal dari bahasa jawa yang artinya belanda. Sering juga menyebutnya sebagai kayu jati madura.

Nama kayu jati madura diberikan, karena kayu ini sering dikumpulkan terlebih dahulu yang kemudian di perjualbelikan oleh pengumpul yang berasal dari madura.

Spesies

spesies jati belanda

arcaion via pixabay

Kayu jati londo kebanyakan tumbuh di Benua Asia dan Amerika, termasuk di Indonesia sendiri kayu ini sering di temukan di daerah Sumatera misalnya kayu pinus jenis Merkusi dan kayu pinus jenis Tusam.

Paling banyak digunakan adalah jenis pinus merkusii dan juga pinus radiata, yang merupakan impor dari New Zealand.

Pohon pinus tumbuh banyak dan subur, pohon ini juga permintaan pasar yang cukup banyak. Pohon pinus sekarang juga di budidayakan dan ditanam secara masal dengan kualitas yang lebih bagus dan ramah lingkungan.

Mempunyai Karakteristik yang Khas

ciri kayu jati belanda

dekoruma.com

Karakteristiknya mudah dikenal dan ditandai dengan ciri-ciri berikut :

  • Mempunyai bobot yang ringan
  • Warna yang cerah (kuning muda atau krem kayu)
  • Memiliki serat kayu yang lembut dan halus
  • Bernuansa sangat alami
  • Tekstur mudah dibentuk dan tidak padat

Kayu jati londo mempunyai daya tarik yang terlihat pada alur urat dan mata kayu yang khas. Apabila kayu ini umurnya semakin tua, maka akan mempunyai alur yang alami sehingga membuat kayu ini semakinn unik dan memiliki bentuk yang indah.

Daya Tahan yang Baik

daya tahan kayu jati

dekoruma.com

Ternyata walaupun tekstur kayu ini terlihat kering dan memiliki bobot ringan, kayu ini mempunyai daya tahan yang cukup kuat walaupun tidak sekuat kayu jati yang asli.

Kayu pinus atau jati belanda cukup kokoh dan cocok untuk dijadikan sebagai perabot yang mempunyai karakteristik tahan benturan dengan kerusakan yang lebih sedikit.

Memiliki Banyak Manfaat

manfaaat-kayu-jati-belanda

waterfinish.com

Kayu ini mempunyai segudang manfaat terutama dalam pengolahan menjai perabot atau furnitur dan rak kayu, karena guratan yang dimiliki jenis kayu ini yang unik, alami dan tahap akhirnya yang terkesan sangat natural.

Berikut manfaat dan kegunaan yang dimiliki kayu ini :

  • Sering dijadikan aksesoris rumah tangga dan kerajinan tangan
  • Sebagai pembuatan perabotan
  • Mudah dan efisien untuk dibentuk
  • Warnanya yang kalem dan mudah dikombinasikan dengan dekorasi rumah
  • Anti rayap karena sifat kayunya yang kering.

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Jati Londo

kelebihan-kayu-jati-belanda

dekoruma.com

Kayu ini adalah alternatif untuk kebanyakan orang, karena bisa menghasilkan furniture yang terkesan natural dengan harga yang murah dan terjangkau.

Kebanyakan mebel kayu jati jogja membuat perabotan atau furniture menggunakan kayu ini sebagai bahan utama, sehingga konsumen pun akan tertarik.

BACA JUGA : KAYU MAHONI DAN DAFTAR HARGA TERBARU

Berikut keunggulan atau keuntungan yang dimiliki jenis jati belanda :

  • Harga Murah

Harga jenis kayu ini tergolong sangat murah dan terjangkau oleh semu kalangan dibandingkan jenis kayu lainnya.

Pertumbuhan jenis kayu ini sangat cepat sehingga menjajdi salah satu alasan harga yang murah, sangat cocok apabila anda menginginkan mebel mebel yang murah dan efisien dengan kualitas yang baik.

  • Warna Terang

Jenis kayu ini mempunyai warna yang terang sehingga cocok dengan dekorasi rumah anda. Warna ini sangat cocok berpadu dengan pola, warna dinding ataupun dekorasi lainnya.

  • Mudah di Finishing

Kayu jenis ini sangat mudah untuk diubah ubah warnanya, finishing jenis kayu ini bisa menggunakan pernis, cat atau jenis finishing lainnya sehingga tampilan mebel akan semakin terlihat menarik dan berkualitas

  • Tidak Mudah Membengkak dan Susut

Jenis kayu pinus atau jati londo bisa bertahan melawan pengecilan dan pembengkakan karena memiliki suhu yang stabil dari pada jenis kayu yang lainnya.

Berikut ini kekurangan dari jenis kayu jati londo :

  • Membutuhkan Perawatan yang Ekstra

Jenis kayu jati londo memerlukan perawatan yang banyak, karena kayu ini mudah tergores dari waktu ke waktu.

Anda perlu memperbaiki bagiann yang rusak apabila bagian ada yang rusak atau tergores.

  • Kurang Fleksibel

Kayu jenis ini tidak bisa dibeentuk dengan berbagai gaya, style dari mebel kayu londo ini pun kebanyakanmenggunakan style country.

Harga Kayu Jati Belanda

harga kayu jati belanda

dekoruma.com

Harga kayu londo untuk dipasaran sendiri sangat variatif, penjual jati belanda sendiri juga menjual jati belanda bekas yang memiliki daya tahan yang kuat dan tidak mudah terkena serangan rayap atau hama.

Biasanya jenis jati belanda atau papan yang telah diolah dengan diberi lapisan pernis untuk memperkuat kayu.

BACA JUGA : POHON BUAH TIN

Berikut daftar harga terbaru kayu jati belanda 2019 :

daftar-harga-terbaru-kayu-jati

bahanbangunanterbaru.com

Harga Kayu Jati Belanda Gelondongan atau Log :

daftaar-harga-kayu-jati-gelondongan

bahanbangunanterbaru.com

Harga kayu jati malang dan masih log tentu berbeda, hanya saja rata-rata jenis kayu ini yang umumnya dijual dipasaran biasanya sudah dalam kayu gergajian.

Selain hal tersebut, harga jati belanda diberbagai tempat misalnya jogja, bandung, gresik, banyuwangi surabaya, jakarta, malang dan kota kota besar lainnya tentunyaa berbeda beda tergantung dengan produsen kayu.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply