Bunga Wijaya Kusuma : Manfaat, Misteri hingga Fakta Menarik [Terlengkap]

Manfaat bunga wijaya kusuma – Bunga wijaya kusuma termasuk dalam keluarga jenis kaktus, yang berasal dari negara Venezuela dan Amerika serta bertahan hidup di daerah yang mempunyai iklim sedang sampai iklim tropis.

Bunga wijaya kusuma tidak hanya memiliki mitos pembawa keberuntungan dan meningkatkan derajat seseorang, bunga wijaya kusuma dengan nama latin (epiphyllum anguliger) ini juga mempunyai banyak sekali manfaat yang bisa digunakan untuk kesehatan kita.

Bunga wijaya kusuma memiliki kandungan glukosa yang dapat memberkan rasa manis pada bunganya, juga asam sitrat yang memiliki rasa asam serta memiliki pH- netral, dan mengandung mint yang memberikan efek sejuk.

Bagian bunga wijaya ini yang bisa dipergunakan untuk obat herbal hanya bagian daun dan bunganya saja.

Ciri ciri Bunga Wijaya Kusuma

karakteristik-bunga-kusuma-wijaya

saivaya

Karakteristik dari tanaman wijaya kusuma ini mirip kaktus, jadi seperti tanaman kaktus yang lainnya bunga ini juga memiliki batang yang berbentuk dari daun yang mengeras seperti halnya kaktus.

Tinggi batang wijaya kusuma rata-rata bisa mencapai  sekitar 2-3 meter dan daunnya berkisar antara 13-15 cm

Daun kembang wijaya kusuma memiliki warna hijau berbentuk pipih dan permukaan yang halus tanpa duri. Bagian tepi daun memiliki lekikan yang bertumbuhnya tunas daun dan kembang.

Bentuk bunganya terdiri dari kelopak yang tersusun rapi, diameter bunga sekitar 10 cm, memiliki warna putih dan bunga ini hanya mekar pada malam hari dan menutup kembali di siang hari.

Biji bunga ini berbentuk menyerupai biji kaktus yang bulat mempunyai warna merah dan biji kecil warna hitam. untuk membudidayakan tanaman wijaya kusuma kita bisa melakukannya dengan cara stek ataupun menyemaikan biji bunganya.

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma

manfaat-bunga-wijaya

sahabatpetani.com

Selain aroma bunganya yang harum dan bentuknya yang indah, bunga wijaya kusuma juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Cara untuk mendapatkan manfaat dari tanaman wijaya kusuma ini sangat mudah, untuk pengobatan luka luar kit bisa langsung menumbuk bagian batang lalu menempelkannya pada bagian luka.

Sedangkan untuk pengobatan dalam, anda bisa merebus bunga ini dan kemudian meminum air rebusan tersebut.

Masih banyak lagi manfaat bunga wijaya kusumadan manfaat buah wijaya kusuma yang bisa kita dapatkan, antara lain :

  1. Bisa mengurangi rasa sakit pada tubuh kita serta bisa menetralisir pembekuan darah
  2. Bunga wijaya kusuma bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka obesitas
  3. Bisa dimanfaatkan untuk obat aanti radang, obat batuk, dan pendarahan akibat luka luar
  4. Bunga wijaya kusuma bisa untuk pengobatan beanyak penyakit seperti batuk darah, muntah darah dan tuberkulosis paru dengan batuk asma.
  5. Mengobati pendarahan rahim
  6. Mencegah stroke
  7. Mengobati sakit lambung
  8. Mengobati radang tenggorokan

Misteri Bunga Wijaya Kusuma

mitos-bunga-wijaya-kusuma

alanladan.com

Bunga wijaya kusuma mempunyai segudang cerita misteri kembang bunga wijaya kusuma yang terkandung didalamnya, berikut ini misteri dan mitos bunga wijaya kusuma :

  • Mendapatkan Rizki bagi Pemiliknya

Misteri yang terkandung dalam cerita bunga ini, apabila bunga tersebut sedang mekar, maka pemilik bunga ini akan mendapatkan rizki yang lebih, hal ini menjadi suatu kepercayaan bagi sebagian orang, khususnya orang jawa.

  • Memiliki Kaitannya dengan Raja Dahulu

Ceritanya, dahulu para raja yang sedang naik tahta, sebelumnya harus memetik bunga wijaya saat bunga ini mekar di malam hari, hal ini berkaitan dengan hal-hal yang mistis para leluhurnya, dan juga memiliki makna tersendiri, mandi bunga wijaya kusuma juga sering dilakukan raja raja terdahulu.

  • Mendapatkan Rizki Jika Melihatnya Saat Mekar

Mitos yang selanjutnya, jika seseorang melihat bunga ini sedang mekar di tengah malam, maka dia akan mendapatkan banyak harta atau rizki, karena melihat bunga ini saat mekar tidak mudah, banyak orang yang menoba dengan berbagai cara tetapi tidak juga berhasil.

  • Sebagai Senjata

Bunga kusuma wijaya diceritakan sebagai bunga yang menjadi jimat di cerita pewayangan, bunga ini sebagai istimewa yang ampuh yang dimiliki tokoh pewayangan Sri Bathara Kresna.

Saat itu digunakan untuk membantu pandawa saat situasi sedang menekam dan berbahaya, ada juga yang menyebutnya bunga ini sebagai pusaka keraton Dwarawati sebgaian titisan Dewa Wisnu.

Fakta Bunga Wijaya Kusuma

fakta-wijaya-kusuma

pengpel.com

  • Bunga Kerajaan

Pada zaman kerajaan dahulu, bunga ini di tanam secara masif oleh kalangan kerajaan untuk tanda kekuatan dan kejayaan sang raja yang sedang memegang tahta kerajaan.

  • Jenis Bunga yang Langka

Bunga wijaya sekarang keberadaannya termasuk salah satu jenis bunga yang langka, sehingga bunga ini adalah bunga yang dilindungi oleh suaka alam milik negara. Bunga wijaya ini kadang tumbuh di daerah dataran rendah, seperti pantai dan menempel pada karang.

  • Sulit di Prediksi Mekar Bunganya

Bungaa wijaya ini mekar pada malam hari, dan lebih tepatnya pada tengah malam. Namun, tidak sedikit yang berpendapat bahwa bunga wijaya sulit diprediksi pemekarannya.

  • Berguna Sebagai Obat

Bunga wijaya kusuma bisa digunakan sebagai pengobatan dan dapat menyembuhkan banyak penyakit, hal tersebut karena bunga ini memiliki kanndunngan khasiat yang khusus yakni mengandung asam sitrat.

  • Harga Bunga Wijaya Kusuma

Harga bunga wijaya kusuma terbaru, harga ini relatif murah sekitar ratusan ribu. Berikut daftar harga bunga wijaya kusuma :

    1. Bunga wijaya kusuma putih : Rp 150.000
    2. Wijaya kusuma merah : Rp 150.000
    3. Tanaman wijaya kusuma : Rp 40.000
    4. Bibit bunga wijaya kusuma : Rp 25.000

BACA JUGA : GAMBAR BUNGA MAWAR TERLENGKAP

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma

cara menanam bunga wijaya kusuma

tokopedia.com

Ciri ciri bunga wijaya kusuma adalah memiliki bunga yang ukurannya tergplong mesar, terlihat seperti tanaman yang eksotis, dan warna bunganya putih seperti gading.

Sebelum kita menanam bunga wijaya kusuma, baiknya kita mengetahui terlebih dahulu hal yang perlu dipersiapkan untuk menanam tanaman wijaya kusuma, cara menanam bunga wijaya kusuma :

  • Bibit Tanaman

Pembibitan tanaman wijaya kusuma yang pertama adalah proses pemisahan rumpun bibit dari rumpun akar. Hal tersebut dengan cara memisahkan bibit dari tanaman indukan dan selanjutnya memilih mana indukan yang dapat dijadikan untuk pembudidayaan.

  • Media Tanam

Media tanam yang harus disiapkan adalah tanah. Untuk menanam wijaya kusuma yang lebih baik dan bagus, maka sebaiknya kita perlu menyiapkan tanah yang baik pula dengan campuran humus serta pupuk dengan ukuran yang rata.

BACA JUGA : CARA MENANAM ANGREK TERAMPUH

Jika kita melakukan penanaman dalam pot, kita dapat menanam dengan menggunakan media tanam dengan lumut sphagnum, pasir, dan batang paku tilang.

  • Langkah Menanam

Hal yang harus diperhatikan supaya tanaman ini dapat tumbuh dan subur tergolong mudah. Berikut ini langkah menanam tanaman wijaya kusuma :

  1. Masukan bibit tanaman wijaya kusuma yang telah kita persiapkan sebelumnya ke dalam tanah
  2. Tutup kembali bibit dengan tanah
  3. Simpan bibit dengan posisi kedalaman sekitar 5 cm
  4. Setelah itu, kita bisa memberikan penyiraman dengan rutin supaya biit yang ditanam dapat bertumbuh dengan baik.

Perawatan dan pemberian pupuk juga harus dilakukan terhadap tanaman wijaya kusuma agar pertumbuhannya cepat dan mendapat kondisi terbaiknya.

Itulah bagaimana sekilas tentang manfaat bunga wijaya kusuma dan manfaatnya bagi kecantikan, cara pembudidayaan hingga misteri yang terkandung dalam bunga ini.

Tanaman ini tergolong sulit untuk melihat pemekarannya, maka bagi anda yang suka terhadap bunga, tanaman ini akan jadi kepuasan tesendiri apabila anda melihat bunga ini mekar pada malam hari.

Selain dari pada itu bunga wijaya kusuma juga memiliki manfaat yang bisa kita manfaatkan untuk kesehatan kita. Khasiat minyak wijaya kusuma biasanya digunakan sebagai hal hal mistis dan gaib.

BACA JUGA : JENIS TANAMAN HIAS TERLENGKAP

Terimakasih, semoga artikel manfaat kembang wijaya kusuma ini dapat selalu bermanfaat bagi kita semua.

Salam sejahtera !!!!!!!!!

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply