Pohon Mahoni : Manfaat, Cara Budidaya dan Harga Kayu Mahoni Terbaru 2019

Pohon mahoni – merupakan jenis pohon yang berasal dari Hindia Barat dan pohon tersebut tumbuh subur di Indonesia, serta di jawa memiliki sebutan maoni atau swietenia. Pohon ini mempunyai berbagai macam manfaat seperti biji buah mahoni sebagai obat tertentu.

Kayu mahoni mempunyai kualitas di bawah kayu jati sehingga sering dijadikan bahan baku pembuatan furnitutre dan menjadi salah satu primadona andalan dalam pasar kayu.

Mahoni memiliki ciri ciri khusus ukuran pohonnya yang tinggi, besar dan rindang dengan buahnya mempunyai warna cokelat serta bijinya yang gepeng dan mempunyai rasa yang pahit.

Klasifikasi dan Anatomi Pohon Mahoni

klasifikasi kingdom mahoni

kehutanan

Berikut ini merupakan klasifikasi dari tanaman mahoni :

taksonomi (pohon mahoni)

Anatomi dan Morfologi pohon mahoni merupakan tanaman yang termasuk pada jenis tanaman yang berasal dari keluarga tanaman Meliacea. Pohon ini mempunyai diameter pohon sekitar 125 m dan tinggi 35 – 40 m.

Pohon ini batangnya tumbuh lurus keatas, dengan kulit pada bagian luar memiliki tekstur yang keras seperti sisik dan berwarna abi-abu. Pohon ini juga memiliki bunga dan buah setelah berumur 7 tahun.

Buah mahoni ini memiliki bentuk yang bulat lonjong dan warna cokelat. Setelah buah dari mahoni matang maka akan terbelah seperti halnya buah durian.

Status kelangkaan tanaman mahoni saat ini masih sangat tinggi dan terkadang ditemukan di tepi jalan bermanfaat bagi lingkungan untuk pohon peneduh. Hal tersebut membuktikan bahwa pohon ini tidak termasuk pohon langka.

Habitat Pohon Mahoni

gambar-pohon-mahoni

ssunawang via pixabay

Pohon ini merupakan pohon yang memiliki daya tahan yang kuat dan mampu bertahan hidup meskipun tidak disiram berbulan bulan. Serta mampu bertahan hidup dilahan yang gersang dan juga mampu hidup walaupun dalam genangan air.

Pohon mahoni beradaptasi dengan cara tumbuh di wilayah yang mempunyai tipe iklim A sampai iklim D, tempat pertumbuhan yang baik untuk pohon ini berada di ketinggian 0 – 1.000 mdpl yang memiliki cuurah hujan 1.600-4000m/tahun.

Habitat pohon mahoni tumbuh dengan baik dekat pantai di daerah payau dan pohon ini baik apabila di tempat yang memiliki sinar matahari yang cukup.

Jenis pohon ini masuk ke Indonesia mulai sekitar tahun 1878 melalui india, jenis tanaman ini tumbuh dan berkembang secara pesat di daerah pulau jawa.

Budidaya Pohon Mahoni

budidaya pohon mahoni

ditjenpas.go.id

Jenis tumbuhan yang paling banyak di budidayakan oleh masyarakat indonesia salah satunya adalah mahoni karena pohon ini banyak memiliki manfaat dan keuntungan.

Berikut adalah cara budidaya pohon mahoni :

Pengadaan Benih Mahoni

benih-pohon-mahoni

pamungkaz.net

Benih mahoni bisa di dapatkan secara mengambil langsung biji mahoni, benih mahoni juga bisa dilakukan dengan cara menyangkok pohonnya atau dengan penempelan mata tunas (okulasi).

Pengambilan benih secara langsung dengan biji memang lebih efektif daripada penyangkokan atau ekulasi karena akar tanaman yang lebih kuat dihasilkan dengan cara generatif.

Penaburan Benih dan Penyapihan

biji mahoni

bukalapak

Penaburan dan penyapihan ini dapat dilakukan degan cara :

  • Mengambil biji mahoni dari buah yang sudah matang
  • Potong sayap biji mahoni sebelum dikecambahkan
  • Taburkan biji mahoni pada bedeng tabur dengan cara semai (tunggu hingga muncul kecambah)
  • Media semai harus yang steril agar bebas dari penyakit dan hama

Apabila kecambah sudah tumbuh dan siap di sapihkan, setelah itu media tumuh perlu disiapkan. Media semai yang bagus adalah campuran antara kompos dan tanah.

BACA JUGA : KAYU JATI BELANDA YANG FENOMENAL

Perawatan Bibit

bibit pohon mahoni

jualo.com

Pemeliharaan atau perawatan bibit mahoni perlu dilakukan supaya bibit tumbuh dengan bagus dan siap untuk ditanam di lahan pohon yang sudah disediakan.

Perawatan bibit dilakukan dengan cara menyiram bibit dua kali sehari secara teratur yaitu pagi dan sore. Apabila bibit sudah tumbuh agak besar penyiraman bisa dilakukan hanya satu bulan sekali.

Nutrisi bibit mahoni juga harus diperhatikan dengan cara pemberian pupuk, pemupukan sendiri dilakukan bisa memakai pupuk KCI, urea dan sejenisnya dengan jumlah takar bisa setengah sendok untuk satu bibit agar pohon tumbuh dengan baik.

Penyulaman juga sebaiknya dilakukan apabila ada bibit yang mati agar jumlah bibit sesuai dengan penanaman. Penyiangan atau pencabutan hama dilakukan supaya bibit mahoni dapat tumbuh dengan subur.

Biasanya bibit mahoni dapat ditanam setelah umurnya 3-4 bulan dan memiliki tinggi sekitar 30-40cm.

BACA JUGA : POHON MATOA 

Penanaman Mahoni

cara menanam pahoni

blogspot.com

Penanaman bibit mahoni dapat dilakukan dengan satu jenis pohon saja tanpa ada tumbuhan lain di lahan tersebut atau juga bisa dicampur dengan tanaman lain pada satu lahan. Tanaman ini juga berfungsi sebagai tanaman peneduh di pinggir jalan.

Sebelum melakukan penanaman, lahan harus dipersiapkan terlebih dahulu dan akan lebih bagus apabila dicampur dengan pupuk kandang ke lubang tanamnya. Pemupukan dilakukan sebagai pemberian nutrisi diawal dan dapat dilakukan 2 – 3 minggu sebelum penanaman.

Penanaman bibit mahoni baiknya ditanam pada kedalaman sekitar 50 cm, jarak untuk penanaman pohon ke pohon lainnya dianjurkan 5m x 5 m, setelah itu diberi penanda lokasi dengan pemasangan ajir.

Siram bibit pohon ini dengan menggunakan air setelah penanaman dilakukan dan agar kelembabannya terjaga.

Pemeliharaan Pohon

cara merawat pohon mahoni

steemit.com

Pemeliharaan pasca penanaman bibit pohon perlu dilakukan supaya pohon ini bisa tumbuh dengan cepat dan subur. Tahapan pemeliharaan tanaman mahoni meliputi :

  • Penyiraman
  • Penyiangan
  • Pemberian nutrisi atau pupuk
  • Pemberantasan penyakit atau hama

Penyiraman rutin dilakukan pada tahap awal penanaman sampai mahoni dapat tumbuh dengan baik, sedangkan penyiangan dilakukan kalau ada hama atau gulma yang mengganggu pertumbuhan mahoni.

Pengusiran hama dapat dilakukan dengan pestisida supaya terhindar dari hama dan penyakit dengan dosis yang telah dianjurkan.

Pemupukan diberikan agar tanaman ini tumbuh subur dan penambahan nutrisi tanaman.

Manfaat Pohon Mahoni

investasi poohon mahoni

monsterkoi via pixabay

Pohon ini memang memiliki banyak manfaat mulai dari pohon hingga buahnya, berikut adalah manfaat tanaman mahoni :

Pohon Peneduh

manfaat-pohon-mahoni

pixels

Mahoni memang banyak ditemukan dipinggir jalan, penanaman pohon ini sebagaai peeneduh dan agar tidak terlalu gersang. Hal tersebut karena daun-daun dari pohon pahoni bisa menyerap udara polusi hingga 47%-70% disekitarnya.

Pohon ini juga mampu mengikat air yang meresap ke dalam tanah, sehingga banjir terminimalisir.

Pohon ini digunakan peneduh jalan di daerah Pulau bali, Pulau jawa, dan Pulau lombok,pohon ini mempunyai kayu yang kuat dan membuat tanaman ini sangat cocok dipakai untuk pohon peneduh.

Ada lokasi yang dijuluki sebagai “lorong mahoni” di daerah jawa tengah tepatnya di kabupaten purworejo, di daerah tersebut terdapat jalan setapak yang dipinggirnya dipenuhi dengan pohon yang tumbuh besar dan rindang sehingga jalan tersebut menyejukan dan rindang oleh mahoni.

Lokasi tersebut juga suka dijadikan spot foto oleh anak muda dan sering dipakai tempat foto preweding oleh kebanyakan orang.

Khasiat Obat Pohon Mahoni

manfaaat-pohon-mahoni

agustinnesia.net

Biji dari mahoni bermanfaat sebagai obat serta vitamin dan pertama ditemukan di tahun 90-an oleh Dr Larry Brookes, dia seorang ahli biokimia. Biji mahoni dapat menyembuhkan penyakit tekanan darah tinggi, diabetes mellius, kencing manis, rematik dan sebagainya.

Pengobatan tradisional tiongkok sering menggunakan biji buah mahoni sebagai obat yang memiliki  sifat, dingin, anti jamur, pahit, dan juga bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Biji mahoni yang bisa digunakan sebagai obat adalah biji mahoni yang sudah kering atau dikeringkan serta sudah digiling secara halus  sampai menjadi bubuk.

Biji mahoni berkhasiat sebagai obat untuk beberapa jenis penyakit karena memiliki kandungan zat saponins dan flavonolds.

Zat saponins berkhasiat sebagai :

  • Memperbaiki tingkat gula yang renda
  • Menurunkan lemak di badan
  • Memperkuat fungsi hati
  • Menguatkan imune (daya tahan tubuh)

Zat flavonolds berkhasiat sebagai :

  • Mengurangi kolesterol
  • Memperlancar peredaran darah
  • Mengurangi rasa sakit
  • Menangkal radikal bebas
  • Antioksidan
  • Mengobati pendarahan

Manfaat Lainnya

khasiat buah mahoni

solusisehatku.com

Selain memiliki manfaat pohon peneduh dan sebagai pengobatan, pohon mahoni juga memiliki banyak manfaat lain, sebagai berikut :

  1. Kulit mahoni memiliki manfaat sebagai pewarna pakaian alami
  2. Biji mahoni juga dapat dijadikan sebagai maninan anak anak
  3. Getah pohonnya dapat digunakan sebagai bahan baku lem

Buah Mahoni

gambar-buah-mahoni

abulyatama.ac.id

Didalam buah mahoni terdapat biji yang diklasifikasikan sebagai alternatif kesehatan yang ekonomis dengan segudang manfaat setara dengan gabungan ginseng dan ginkgo biloba.

Buah mahoni mempunyai keunikan yang dimilikinya cara pohon ini berbuah tergantung ke atas pohon, berbeda dengan halnya buah pohon lainnya yang bergantung ke bawah pohon sehingga negara barat menyebutnya dengan sky fruit (buah langit).

Harga Kayu Mahoni

gambar-kayu-mahoni

mokuzaisport.com

Kayu mahoni memiliki karakteristik yang keras dan tidak mudah berubah-ubah sehingga sering digunakan untuk bahan pembuatan furniture, kayu lapis, ukiran, perkakas, penggaris kayu dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Kayu glubal yang dimiliki mahoni memiliki warna merah muda, kayu terasnya mmemmiliki warna coklat tua hingga merah. Kayu ini termasuk golongan kelas kuat II – III dan kelas awet III.

Di pasar kayu, jenis kayu mahoni yang banyak dijual dibagi menjadi 2 jenis yakni kayu mahoni per meter kubik dan kayu mahoni gelondongan. Kayu mahoni gelondongan adalah kayu mahoni yang dijual dalam bentuk log dan membuat harganya jauh lebih murah daripada kayu gelondongan.

Daerah penghasil  kayu mahoni terbanyak adalah Pulau jawa, di daerah ini kayu mahoni salah satunya banyak dihasilkan dari perkebunan milik warga.

Berikut ini harga kayu mahoni gelondongan terbaryu 2019 :

harga-kayu-mahoni-gelondongan

Berikut ini harga kayu mahoni per meter kubik terbaru 2019 :

harga-kayu-mahoni-permeter-kubik

Kayu mahoni pasti memiliki harga yang berbeda-beda dipasaran tergantung dari penjual kayu tersebut, kayu mahoni juga dapat dimanfaatkan untuk pembuatan kusen mahoni, kayu mahoni untuk gitar dan yang lainnya.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply