1

11+ Cara Menanam Anggrek Cepat Berbunga [Terlengkap dan Terampuh]

Cara menanam anggrek – Tanaman anggrek merupakan tanaman bunga yang berasal dari daerah Eropa tepatnya Inggris. Tanaman anggrek sudah dikenal orang sejak 200 tahun yang lalu, di Indonesia sendiri tanaman anggrek sudah dibudidayakan 50 tahun terakhir.

Anggrek banyak tumbuh di Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera dan Irian Jaya. Jenis anggrek  yang berada di Indonesia adalah jenis anggrek yang indah.

Artikel kali ini saya akan membahas seputar menanam anggrek bulan supaya menghasilkan bunga yang sempurna dan juga cerah, berikut penjelasannya.

BACA JUGA : KUMPULAN GAMBAR BUNGA MAWAR TERLENGKAP

Cara Menanam Anggrek Agar Cepat Berbunga dan Lebat

tips-cara-menanam-bunga-anggrek

penash via pixabay

Tanaman anggrek dapat tumbuh mulai dari 0 sampai 5.000 mdpl. Anggrek yang dapat tumbuh di daerah dataran rendah adalah jenis anggrek Pholidota imbricata, Cymbidium aloifolium, Vanda roxburghii, dan Acampe praemorsa.

Anggrek yang dapat tumbuh di dataran tinggi adalah jenis anggrek Pleione maculate, Herminium longilobatum, Bulbophyillum retusiusculum, Habenaria cumminsiana, Nervilia  macroglossa dan sebagainya.

Morfologi tanaman hias anggrek, tanaman anggrek adalah tanaman yang dapat tumbuh di beberapa iklim dan tanaman ini merupakan tanaman herba tahunan.

Tanaman anggrek yang liar adalah jenis anggrek yang tumbuh di pohon-pohonan dan di semak semak, anggrek terestrial adalah jenis anggrek yang tumbuh di tanah, sedangkan anggrek litofit adalah jenis anggrek yang tumbuh di bebatuan.

Tanaman hias anggrek tidak merugikan tanaman lain (tidak bersifat parasit). Fotosintesis yang dilakukan tanaman ini adalah untuk memenuhi kebutuhan makanan dirinya sendiri, dan tanaman anggrek dapat tumbuh berbulan-bulan walaupun teanman ini tidak dirawat.

Faktor yang dapat mempengaruhi tanaman anggrek adalah faktor lingkungan, temperatur, sinar matahari dan kelembaban.

Memilih Bibit Anggrek

bibit bunga anggrek

youtube

Pemilihan bibit anggrek sangat penting untuk bisa memiliki kualitas anggrek yang bagus, pemilihan bibit baiknya yang sudah berumur 1 tahunan dan sudah memiliki akar dan daun, biasanya bibit tersebut dapat mengasilkan tanaman anggrek yang bagus.

Bibit yang tadi dipilih dditanam dalam kantong plastik selama  kurang lebih 3 bulan, setelah itu baru bisa dipindahkan kedalam pot kecil. Pemberian pupuk organik sangat dibutuhkan selama proses pembibitan, agar pertumbuhan tanaman anggrek dapat optimal.

Media Tanam Bunga Anggrek

media tanam anggrek

tanamanhiasan.com

Sebenarnya menanam anggrek adalah hal yang mudah begitu juga untuk media tanamnya tidak terlalu ribet. Tanaman anggrek yang di tanam di dalam pot pun akan bagus, tetapi alangkah baiknya kita menggunakan sabut kelapa, karena media tanam ini memiliki keunggulan untuk tanaman anggrek.

Cara Menanam Anggrek dengan Sabut Kelapa

cara-menanam-anggrek-dengan-sabut-kelapa

youtube

Media tanam dengan sabut kelapa sangat cocok, karena sabut kelapa ini mengandung unsur hara essensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman anggrek agar cepat berbunga.

Sabut kelapa sangat bagus digunakan didaerah yang memiliki iklim panas atau dataran rendah. Media tanam sabut kelapa memiliki kemampuan dalam memegang air yang baik.

Berikut ini cara menanam dengan sabut kelapa :

  1. Sediakan sabut kelapa yang sudah tua yang memiliki warna cokelat kehitaman
  2. Rendam sabut kelapa selama 6 jam didalam air
  3. Rendam ulang menggunakan larutan fungisida
  4. Angkat sabut kelapa tadi dari rendaman, lalu keringkin agar tidak terlalu basah

Sebelumnya kita harus memilih bibit anggrek yang bagus dan menyiapkan pot tanam. Setelah semuanya siap tahap selanjutnya adalah melakukan penanaman tanaman anggrek menggunakan media sabut kelapa.

Cara sederhana menanam anggrek dengan sabut kelapa :

  1. Tambahkan arang kayu dibagian dasar pot
  2. Lilitkan sabut kelapa pada bagian akar bibit anggrek
  3. Masukan bibit yang sudah dililit kedalam pot
  4. Simpan tanaman anggrek di tempat yang aman dan jangan di siram selama 1 minggu.

Jangan lupa melakukan perawatan dan pemeliharaan pada bibit anggrek supaya tanaman ini tidak mati. Perawatan dapat dilakukan dengan cara penyiraman 2 kali sehari dan pemupukan setiap 3 minggu sekali dengan dosis 5 gram/liter.

Tempat yang Bagus Menanam Anggrek

tempat-yang-baik-untuk-menanam-anggrek

pen_ash via pixabay

Menanam anggrek demi menghasilkan anggrek yang bagus juga harus memerhatikan tempat tanam bunga anggrek tersebut.

Berikut ini cara memilih tempat untuk menanam bunga anggrek :

Pilih tempat yang memiliki sinar matahari yang cukup baik, karena sinar matahari sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman Anggrek. Penempatan jenis tanaman anggrek harus pas dengan tingkat kebutuhannya, karena setiap jenis anggrek memiliki perbedaan kebutuhan tingkat intensitas mataharinya.

Dari tingkat kebutuhan intensitas matahari tanaman anggrek terbagi menjadi 3 jenis :

  • Jenis tanaman anggrek Vanda, anggrek Arachnis dan anggrek Renanthera  mesi terkena sinar matahari langsung.
  • Jenis tanaman anggrek Ancedium, anggrek Dendrobium, atau anggrek Cattleya. Bisa tumbuh dengan baik dengan tidak terkena sinar matahari langsung.
  • Jenis tanaman angggrek Paphiopedilum dan anggrek Phalaenopsis, yang tidak menyukai terkena sinar matahari sama sekali, tetapi menyukai tempat yang teduh.

Itulah beberapa jenis tanaman anggrek yang memiliki perbedaan tingkat kebutuhan sinar matahari.

Tips Ketinggian Menanam Bunga Anggrek

cara menanam anggrek dendrobium

konevi via pixabay

Teknik menanam anggrek agar memperoleh tanaman yang unggul selanjutnya adalah menanam anggrek menurut ketinggian tempat tanam. Ketinggian tanam yang baik untuk anggrek dibagi menjadi 3 bagian, diantaranya :

  1. 500 mdpl. Anggrek yang akan tumbuh dengan baik di ketinggian 500 mdpl adalah anggrek jenis Arachnis dan Vanda.
  2. 500 – 1000 mdpl. Anggrek yang tumbuh dengan baik di ketinggian ini adalah anggrek jenis Dendrobium, Oncidium atau Cattleya
  3. 1001 mdpl. Anggrek yang bisa tumbuh dengan maksimum pada ketinggian ini adalah anggrek jenis anggrek cymbidium dan anggrek miltonia.

Tempat yang bagus untuk menanam tanaman anggrek adalah tempat yang anginnya tidak terlalu besar. Hal yang lainnya yang perlu diperhatikan adalah kelembaban udara agar tanaman anggrek bisa tumbuh subur juga berbunga lebat dan indah.

Cara Menanam Anggrek yang Benar

cara menanam anggrek ditanah

kopri vis pixabay

Sebenarnya menanam anggrek di tanah yang benar itu sangatlah sederhana dan juga mudah, tetapi memerlukan kesabaran, fokus dan keseriusan. Kita juga harus mengetahui menanam anggrek dendrobium supaya pertumbuhan tanaman menjadi maksimal dan cepat berbunga.

Hal yang sangat penting ketika kita menanam anggrek  adalah perakaran anggrek supaya dijaga agar tidak rusak. Apabila akar anggrek rusak maka tanaman anggrek tidak tumbuh dan berkembang lagi.

Oleh sebab itu, dalam penanaman anggrek dibutuhkan tempat tanam yang banyak lubang bawahnya supaya akar anggrek tidak terhambat dan akarpun bisa dengan bebas tumbuh.

Cara Menanam Bunga Anggrek di Pot

cara-menanam-anggrek-yang-benar

pexels

Perlengkapan yang harus disiapkan untuk menanam anggrek di pot adalah sebagai berikut :

  • Tempat tanam anggrek bisa dalam pot tanah, pot plastik atau pot semen.

Pot yang digunakan baiknya pot yang sudah dibersihkan dari kotoran, karena biasanya dalam pot itu bisa ditumbuhi jamur, lumut bahkan bakteri. Oleh sebab itu pot bekas maupun pot baru harus terlebih dulu dibersihkan.

  • Tiang penahan batang tanaman

Baiknya untuk penahan tanaman anggrek menggunakan kawat dengan diameter 2-4 mm. Fungsi dari penahan ini adalah untuk penyangga tanaman agar tidak goyang saat tanaman ini disiram dan tertiup angin. Pertumbuhan akar pun tidak terganggu.

Cara budidaya anggrek di botol atau Menggunakan Pot :

  1. Pasangkan tiang penyangga hingga menyentuh dasar pot
  2. Masukan media tanam (bisa arang atau sabut kelapa)
  3. Tanaman anggrek disimpan diatas media tanam dan akar disimpan agar menyebar rata
  4. Ikat tiang penyangga tadi dengan batang anggrek
  5. Jangan sampai batang anggrek tertimbun oleh media tanam

Bagi yang menggunakan pot dari plastik, bagian dasar pot isi dengan pecahan genteng ataupun pecahan batu bata 1/3 tinggi pot. Hal ini untuk memperberat pot dan juga penyaringan.

BACA JUGA : ANEKA GAMBAR BUAH BUAHAN

Tips Menanam Bunga Anggrek

tips-menanam-anggrek

galen crout via unsplash

Hal yang penting untuk diperhatikan agar tanaman anggrek mempunyai pertumbuhan yang baik dan memperoleh bunga yang cerah, tips berikut dijamin ampuh untuk digunakan :

  • Akar Bibit Bunga Anggrek

Secara umum akar yang sudah 3 bulan akan ulai tumbuh dan biasanya sampai muncul keluar dari tanah. Hal ini biasa untuk tanaman anggrek dan jangan memasukan akar tersebut kedalam tanah karena akar membahayakan pertumuhan anggrek.

Baiknya kita harus melakukan dengan cara pemindahan tanaman ini ke pot yang lebih besar atau ke dalam lahan tanah langsung.

  • Batang Anggrek

Untuk menjaga batang anggrek agar tidak roboh, kita bisa menggunakan tiang penahan batang, agar batang tetap dapat berdiri tegak. Karena kebanyakan batang anggrek memiliki batang yang tinggi.

  • Cara Memindahkan Anggrek

Cara memindahkan anggrek bisa juga di pohon dan caranya tidak sembarangan dan ada tekniknya, berikut merupakan teknik cara memindahkan anggrek ke lahan tanah atau ke dalam pot yang lebih besar :

  1. Siapkan lahan atau pot baru yang akan di pakai untuk tempat baru
  2. Pindahkan tanaman ini dan pastikan posisinya sempurna
  3. Tambahkan media tanam seperti sabut kelapa atau pakis incang

Untuk anda yang menanam anggrek untuk pemula dan mau mencoba cara sukses menanam anggrek/budidaya tanaman anggrek sisarankan untuk menanam anggrek bulan dan anggrek hitam agar penanaman bisa sangat mudah.

BACA JUGA : MANFAAT BUNGA WIJAYA KUSUMA

Selamat bercocok tanam, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply