Cara Menanam Pohon Daun Bidara & Perawatannya

Cara Menanam Pohon Bidara – Daun bidara memiliki nama latin yaitu Ziziphus Mauritiana, pohon ini juga sering di sebut pohon jujube yang berasal dari negara Cina. Pohon bidara bisa memiliki ketinggian sekitar 40 kaki, mempunyai daun mengkilap dan kulitnya berwarna abu-abu terang.

Buah bidara mempunyai bentuk oval lonjong berwarna hijau dan menjadi cokelat apabila buahnya tua atau matang. Buah bidara dikenal sebagai buah Plum dan kecilnya diseut Ber.

Cara menanam pohon bidara adalah di iklim yang kering dan hangat. Menanam pohon bidara tidak sulit asalkan mempunyai tekstur tanah yang gembur dan berpasir.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara menanam pohon bidara, berikut penjelasannya :

Cara Menanam Pohon Bidara

tempat tumbuh pohon bidara

blog.tanaman

Pohon bidara bisa dibudidaya dengan cara menanam dari biji atau menanam tunas akarnya. Pohon bidara bisa menyuplai nitrogen sebelum pohon ini di tanam dan membantu produksi buah.

Pohon bidara bisa mentolelir kekeringan, oleh sebab itu air bisa membantu produksi buah dan pohon ini tidak mudah untuk terserang hama atau penyakit.

Cara Menanam Pohon Bidara dari Penyemaian Biji

cara-menanam-pohon bidara-dari-biji

google.com

Salah satu cara yang mudah untuk menanam pohon bidara adalah dengan cara menanam pohon bidara langsung dari biji buah bidara, tetapi cara ini sedikit lama karena kita harus menunggu terlebih dahulu bijinya sampai tumbuh tunas.

BACA JUGA : MACAM MACAM SAYURAN

Berikut cara menanam pohon bidara dari biji :

  • Kumpulkan Biji 

Setelah buah bidara matang dan berubah menjadi warna cokelat tua dan mengkilap serta sudah tidak ada daun hijau diujungnya, kumpulkan buah 2 atau 3, untuk nanti dijadikan benih bidara. Potong buah dengan pisau dan ambil biji bidara di dalamnya.

  • Rendam Biji di Air Hangat

Perendaman biji bidara dalam air hangat sekitar satu jam, gosok biji bidara sampai tidak ada lagi daging yang menempel pada biji. Simpan biji bidara yang sudah di gosok dan keringkan biji tersebut dengan cara dijemur beberapa jam.

  • Masukan Biji Kedalam Kantong Plastik atau Kertas

Simpan biji bidara yang sudah dimasukan ke dalam plastik di suhu sekitar 70 derajat, misalnya di lemari es. Pindahkan ke dalam cold storage sekitar dua sampai tiga bulan, kemudian bungkus biji bidara menggunakan lumut sphagium dan jangan lupa diberi air, kemudian disimpan dalam kantong plastik yang bisa ditutup agar lembab.

Biarkan kantong plastik sedikit terbuka supaya kelembaban lebih teratur. Gosok biji menggunakan serabut baja sehingga menghasilkan lubang kecil, teknik penggosokan adalah salah satu cara memecah biji bidara, sehingga lapisan luar yang keras bisa melemah, sehingga kecambah akan cepat tumbuh.

BACA JUGA : JENIS PUPUK UNGGUL PETANI

Cara memecah biji bidara juga bisa menggunakan tang, palu dan semacamnya dengan hati hati. Jangan sampai biji  dalamnya ikut rusak dan pecah, bentuk biji dalamnya menyerupaai iji semangka yang kecil dan tipis.

  • Penaburan Benih

Setelah kita mempunyai kecambah bibit bidara, selanjutnya menyiapkan pot yang berukuran cukup dengan campuran tanah dan pupuk, taburkan kecambar ke dalam pot. Jangan lupa siram kecambah agar cepat tumbuh dan supaya tanah tidak kering. Pupuk untuk pohon bidara lebih disarankan menggunakan pupuk organik agar lebih ramah lingkungan.

Cara Menanam Pohon Bidara dengan Stek

stek bidara

daunijo.com

Cara memperbanyak pohon bidara arab yakni dengan teknik stek adalah proses atau cara budidaya pohon pohon tertentu, stek pada suatu tanaman bisa memotong mulai dari batang, akar, ranting ataupun daun. Jadi teknik stek bukan teknik penyambungan suatu tanaman ke tanaman lain (okulasi).

Stek pada tanaman bidara ini bisa dilakukan tanpa tambahan hormon atau zat pemicu pertumbuhan akar dan juga tanpa vitamin tertetu. Proses stek pada tanaman ini dapat menggunakan media tanah saja, tanpa campuran pupuk atau kompos. Proses steknya bisa dilakukan dengan metode sungkup.

Pada umumnya pohon putsa adalah tanaman yang di sambung dan bagian bawahnya adalah tanaman bidara, jadi cabang atau batang yang di stek diambil dari batang bawah dari tanaman putsa atau apel india.

Karena kedua pohon tersebut adalah masih keluarga tanaman bidara tetapi mungkin hanya berbeda jenis. stek pohon bidara arab juga tidak berbeda caranya dengan teknik stek yang di jelaskan.

Batang bawah tanaman bidara lebih memiliki banyak duri dibanddingkan tanaman bidara putsa yang diatas. Jika diamati pada daunnya sedikit berbeda warna dan bentuknya. Kemungkinan tanaman bidara ini lebih cocok dan bisa mudah beradaptasi di tanah Indonesia.

Apabila tanaman iini pada bagian bawah batangnya tidak memiliki tunas untuk di stek, kita bisa mengganti media tanamnya terlebih dahulu. Biasanya saat terjadi pembuahan, konsentrasi unsur hara lebih banyak menuju ke buah.

Pertumbuhan tunas baik bagian bawah ataupun bagian atas sedikit terhambat. Namun, setelah buah bidara dipanen tanaman bisa dipangkas yang kemudian media tanamnya diganti agar perangsangan tumbuhnya tunas bagian bawah ataupun tunas bagian atas.

Tunas yang tumbuh dari batang bagian bawah inilah yang kita akan potong dan bisa ditanam dengan cara stek supaya menghasilkan pohon bidara yang baik.

Cara stek tanaman bidara hampir sama seperti tanaman tanaman lain, tetapi setelah stek pohon bidara ditanam kita harus menambahkan penutup dari botol plastik atau dari plastik supaya kelembaban batang stek bisa terjaga.

Proses stek pada tanaman bidara dari mulai peenanaman higga bisa tumbuh akar dan daun bisa memakan waktu sekitar 1,5 hingga 2 bulan. Bibit bbidara yang sudah ditanam tadi harus terkena sinar matahari dan jangan lupa untuk menyiram dan merawatnya agar pohon bisa bertumbuh dengan baik.

Hasil tanaman bidara yang sudah hidup normal nantinya bisa dipergunakan untuk bahan sambung, okulasi, ataupun sambung susu untuk cara memperbanyak tanaman putsa atau apel india.

Waktu Terbaik untuk Memangkas Tanaman Bidara

tempat tumbuh pohon bidara

balinewsnetwork.com

Waktu terbaik untuk melakukan pemangkasan kepada tanaman bidara adalah diwaktu musim kemarau, dan pohonnya sudah benar-benar tidak aktif. Pemangkasan bisa dilakukan pada daun atau ranting yang sudah kering.

Pohon bidara dapat tumbuh dengan baik dari bijinya langsung, tetapi kita harus tau betul tentang penanaman melalui biji ini agar mendapatkan benih yang baik. Ada juga yang menjual pohon bidara cangkokan yang siap tanam.

Tempat tumbuh pohon bidara akan beradaptasi dengan lingkungan yang ekstrim, namun tidak dengan beradaptasi dilingkungan yang tanahnya selalu basah, oleh karena itu tempatkan pohon bidara di lahan yang memiliki tahan dengan daya serap tinggi.

Pohon daun bidara tumbuh dengan baik di iklim yang panas dan juga kering. Pohon bidara ini sangat bisa beradaptasi dengan kekringan dan bisa bertahan dalam kondisi yang kemungkinan bisa membunuh tanaman lainnya.

Hama yang sering menyerang tanaman bidara adalah busuk akar kapas, cara agar terhindar dari hama ini yaitu dengan cara tidak menanamnya di tempat yang sama. Masalah lainnya yang sering menghambat pertumbuhan pohon bidara adalah pertumbuhan akar.

Cara Merawat Pohon Daun Bidara

cara merawat pohon bidara

bibitbidaramedan.com

Cara merawat daun bidara tergolong sangat mudah, tanaman bidara yang masih muda diikatkan pada tiang sandaran agar tidak roboh, selanjutnya lekukan pemangkasan supaya menghasilkan 4 sampai 5 cabang penyangga yang baik.

Pohon bidara biasanya akan mengeluarkan bunga dari pucuk daun yang baru. cara agar bidara tumbuh subur baiknya pohon bidara dipangkas agar pucuk pucuk yang baru tumbuh menjadi subur yang akan mencukupi untuk menghasilkan buah yang memiliki kualitas yang baik.

Waktu yang baik untuk melakukan pemangkasan adalah sesudah panen buah bidara atau ketika pohon bidara sudah menggugurkan daun-daunnya. Pohon bidara yang sedang berbuah tidak boleh kekurangan air dan unsur hara.

Perawatan bibit bidara arab juga tidak jauh berbeda dengan cara perawatan yang saya sudah jelaskan.

BACA JUGA : BUDIDAYA JAMUR TIRAM

Sekian pembahasan mengenai cara menanam pohon bidara dan cara merawat pohon bidara arab. Manfaat menanam pohon daun bidara adalah pohon bidara bisa untuk pengobatan ruqyah syariyah, mandi besar, memandikan jenazah dan sebagainya.

Semoga artikel ini selalu bermanfaat !!

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply