51+ Jenis Tanaman Aquascape yang Indah dan Unik

Jenis Tanaman Aquascape – Bagi anda para pecinta tanaman air, mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namannya aquascape. Tanaman yang biasanya dapat kita lihat dikedalaman lautan ataupun danau – danau ini saat ini dapat kita temukan dengan mudah di toko – toko tanaman aquascape di sekitar kita.

Namun, sebelum anda membelinya alangkah baiknya jika anda memiliki informasi yang cukup sebelum membeli dan merawatnya untuk memperindah akuarium anda.

Secara umum, berdasarkan penempatannya tanaman aquascape dibagi menjadi tiga:

  1. Tanaman Foreground aquascape (tanaman aquascape yang di letakkan di bagian depan)
  2. Tanaman Midground aquascape (tanaman aquascape yang di letakkan di bagian tengah)
  3. Tanaman Background aquascape (tanaman aquascape yang di letakkan di bagian belakang)

Berikut akan kami jelaskan satu – persatu. Namun, pada pembahasan kali ini hanya akan kami bahas jenis miground aquascape dan background aquascape.

Jenis Tanaman Midground Aquascape

Tanaman midground merupakan tanaman yang ditanam pada bagian tengah aquascape, berikut macam macam tanamannya, antara lain :

Egeria Najas

Jenis Aquascape Egeria Najas

aquaticarts.com

Tanaman ini menjadi salah satu tanaman favorit dari para aquarist. Struktur batangnya yang cukup kuat, perwatannya yang mudah dan pertumbuhannya yang cukup cepat, membuat tanaman ini cocok untuk pemula dan hanya memerlukan biaya perawatan yang murah.

Tanaman ini masuk famili Hydrocharitaceae yang memiliki ukuran yang cukup besar yaitu sekitar 80 cm.

Anacharis Densa (Egeria Densa)

Aquascape Anacharis Densa

etsy.com

Egeria densa merupakan tanaman aquascape yang paling populer dan merupakan tanaman aquascape di sekitar kita yang paling mudah ditemui. Perawatannya yang mudah membuat tanaman ini banyak digemari untuk dipelihara.

Bahkan cara memperbanyak tanaman inipun cukup mudah, yaitu hanya dengan memotong bagian batangnya saja kemudian tanam kembali batang yang telah diambil, maka akan tumbuh dengan sendirinya.

Amazon Sword

Aquascape Amazon Sword

aquaticmag.com

Seperti namanya, tanaman ini akan tumbuh dengan cepat dan lebat saat sudah tumbuh besar. Bentuknya yang lebat, akan membuat akuarium anda seperti tanaman – tanaman yang tumbuh di hutan.

Cara perawatan aquascape jenis ini tergolong mudah. Agar mendapatkan hasil yang lebih baik saat penanaman, pilihlah daun yang hijau dan memanjang dan usahakan tidak berlubang.

African Water Fern (Bolbitis)

African Water Fern

aquaticarts.com

Aquascape jenis ini sering digunakan dan ditanam oleh pecinta aquascape. Biasanya tanaman ini menjadi salah satu incaran bagi para pemula.

Cara penanamannya juga cukup mudah, yakni dengan memindahkan tanaman dari pot ke media tanam berupa batu ataupun sepotong kayu yang sebelumnya rimpangnya telah dibersihkan terlebih dahulu.

Tanaman ini termasuk tanaman yang tidak memerlukan banyak pupuk, namun pupuk perlu sedikit anda berikan agar pertumbuhannya dapat maksimal.

Java Fern (Microsorum pteropus)

Aquascape Java Fern

z.aquatics.com

Java Fern merupakan salah satu jenis aquascape yang mudah ditemukan di toko tanaman aquascape disekitar kita. Daya tarik dari tanaman ini bisa dilihat dari pertumbuhannya yang cukup cepat dan tersebar di akuarium seperti pertumbuhan pada rumput liar.

Tanaman ini juga termasuk jenis aquascape low light. Dimana dalam pertumbuhannya tanaman ini akan berubah menjadi kecoklatan saat kelebihan sinar matahari.

Untuk menanganinya anda perlu memindahkannya ke daerah yang memiliki cahaya yang tidak berlebihan.

Jenis Tanaman Background Aquascape

Tanaman aquascape backround merupakan tanaman yang di tanaman dibagian belakang aquascape, dibawah ini adalah macam macam tanamannya, antara lain :

Echinodorus Vesuvius

Aquascape Echinodorus Vesuvius

azgardens.com

Echinodorus jenis ini berbeda dengan Echinodorus yang lainnya. Tanaman ini justru lebih dianggap mirip dengan spesies Aponogeton yang memiliki bentuk daun spiral.

Tanaman ini sangat disarankan untuk para pemula pecinta tanaman air. Tanaman ini merupakan jenis tanaman background aquascape yang dapat tumbuh mencapai 45 cm dengan pertumbuhan yang sangat cepat.

Echinodorus x Frans Stoffels

Aquascap Frans Stoffels

pinterest.com

Tanaman ini termasuk tanaman baru dari jenis Echinodorus. Ciri khas dari tanaman ini yaitu dengan adanya urat yang berwarna merah maroon.

Daunnya berwarna hijau dan tampak bergelombang. Pertumbuhannya juga cukup cepat, sehingga sangat baik ditanam bagi pemula.

Echinodorus Uruguayensis

Echinodorus Uruguayensis

capricornaquarium.com

Echinodorus ini berasal dari wilayah Amerika Selatan dan biasanya juga tumbuh di alam liar dan tidak terbiasa tumbuh di daerah – daerah yang perawatannya terlalu berlebihan.

Sehingga tanaman cukup diberikan perawatan sebagaimana mestinya.

Echinodorus Rubin

Echinodorus Rubin

aquascaping.com

Nama lain dari Echinodorus Rubin adalah Red Rubin. Biasanya tanaman ini menjadi tanaman utama utama saat di tanam di akuarium dan dapat tumbuh lebih dari 50 cm.

Echinodorus jenis ini merupakan jenis tanaman yang hidup soliter dan merupakan tanaman background aquascape.

Echinodorus x Foxtail

Aquascap Echinodorus x Foxtail

guide.alibaba.com

Merupakan jenis spesies yang bisa di jadikan hiasan di multi akuarium, yaitu akuarium besar maupun kecil.

Bentuknya yang unik dan sangat dekoratif dengan pertumbuhannya yang menyebar rapi dan warnanya yang hijau, membuat tanaman ini banyak digemari dan menjadi salah satu incaran untuk membuat akuarium anda menjadi lebih menarik.

Echinodorus x barthii

Echinodorus x barthii

birstall.co

Red Melon Sword merupakan nama lain dari Echinodorus x barthii yang merupakan tanaman kultivar. Pertumbuhan tanaman ini berbentuk rosette dengan pertumbuhannya antara 25 – 50 cm.

Besarnya pertumbuhan tanaman ini, menjadikannya cocok untuk menjadi salah satu tanaman hias yang bisa ditanam di air dengan medium akuarium yang berukuran besar.

Echinodorus x Altlandsberg

Aquascape Echinodorus x Altlandsberg

lastelapolare.com

Tanaman ini merupakan jenis tanaman baru bagi pecinta aquascape yang termasuk dalam famili Alismataceae. Pertumbuhan echinodorus ini mencapai 20 – 30 cm dan dapat ditanam secara submersed ataupun emersed.

Ketika ditanam secara emersed, tanaman ini akan memeperlihatkan urat halus berwarna merah dengan bentuk menjalar pada bagian daunnya.

Echinodorus Rose

Aquascape Echinodorus Rose

aquarieumgardens.com

Echinodorus rose merupakan hasil hibridasi dari Echinodorus horemanii dengan Echinodorus horizontalis. Merupakan tanaman yang masuk dalam famili Alismataceae dan merupakan tanaman kultivar yang berasal dari Amerika Selatan.

Pertama kali di tanam oleh Hans Barth pada tahun 1986 di Dessau dengan pertumbuhan mencapai 40 cm dan lebar rosette 15 – 25 cm.

Echinodorus Red Flame

Echinodorus Red Flame

amazon.com

Tanaman ini memiliki ukuran antara 20 – 30 cm dan sangat mudah ditanam. Sehingga bisa menjadi salah satu pilihan bagi pemula yang menginginkan tanaman ini untuk menjadi penghias di akuariumnya.

Selain itu, jenisred flame ini juga cocok untuk ditanam di akuarium yang berukuran kecil.

Echinodorus Osiris

Echinodorus Osiris

aquaticplants.com

Merupakan tanaman yang masuk dalam famili Alismataceae dan berasal dari Brazil. Melon Sword Plant adalah nama lain dari Echinodorus Osiris yang dapat tumbuh mencapai 20 – 50 cm.

Osiris dapat tumbuh dengan baik di derah yang berair sedikit dingin, yang nantinya dapat membuat pertumbuhannya semakin maksimal. Dimana tanaman ini akan menghasilkan dedaunan yang unik dengan warna merah cerah dan menyala.

BACA JUGA : JENIS TANAMAN HIAS TERLENGKAP

Penanamannya sedikit memerlukan perhatian khusus dengan pemberian nutrisi yang cukup banyak dan ruang yang cukup besar.

Echinodorus Oriental

jenis tanaman aquascape Echinodorus Oriental

Echinodorus Oriental merupakan tanaman hasil mutasi dari Echinodorus rose yang pertama kali dikembangkan di Jerman. Echinodorus Oriental juga biasa disebut Oriental Sword dan sudah diperdagangkan sejak 20 tahun yang lalu.

Ciri dari tanaman ini, dapat dilihat dari daunnya yang terlihat semi transparan dan memiliki warna yang unik yaitu perpaduan antara warna merah muda dengan hijau yang membuat tanaman ini menjadi lebih menarik ketika di tanam.

Echinodorus Martii

Echinodorus Martii (jenis tanaman aquascape)

capricornaquaquarium.com

Tanaman ini berasal dari Brazil dengan pertumbuhan yang cepat dan sangat cocok jika dijadikan tanaman background aquascape. Bentuknya yang tegak dengan warna daunnya yang hijau menjadi daya tarik bagi tanaman ini.

Echinodorus Martii merupakan tanaman local di daerah Amerika Selatan, sehingga ia dapat di temukan di tepi – tepi sungai maupun di danau di perairan Amerika Selatan.

Echinodorus Horemanii Red

Echinodorus Horemanii Red

aquaticplants.com

Echinodorus jenis ini memiliki kesulitan yang sedang jika ingin merawatnya. Dimana dalam penanamannya tanaman ini lebih menyukai air yang bersuhu dingin dan jernih. Sehingga memerlukan perawatan yang intens untuk menjaga kebersihan air.

Sebanding dengan cara perawatannya, tanaman ini akan memberikan pemandangan yang indah saat sudah tumbuh dengan baik. Hal ini dapat terlihat dari warna daunnya yang akan menjadi kontras saat di sandingkan dengan warna hijau daun tanaman lainnya.

Echinodorus Horemanii

Echinodorus Horemanii (jenis tanaman aquascape)

tokopedia.com

Rata – rata tanaman aquascape merupakan tanaman local Amerika Selatan yang cenderung memiliki wilayah perairan dengan kedalaman yang cukup dalam.

Tidak terkecuali Echinodorus Horemanii, tanaman ini juga berasal dari Amerika Selatan yang akan memberikan warna yang mengagumkan saat di tanam di akuarium.

Ukuran tanaman ini dapat mencapai 40 – 60 cm dengan daun yang panjang menjuntai dan memberikan efek kontras pada akuarium anda.

Echinodorus Fantasy

Echinodorus Fantasy

ruinemans.com

Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada suhu berkisar 22 – 28 derajat Celsius. Cara penanamannya dapat dilkaukan dengan cara emersed.

Echinodorus jenis ini juga merupakan bagian dari famili Alismataceae yang memiliki ukuran mencapai 50 – 60 cm.

Setelah melihat penjelasan macam – macam jenis aquascape berdasarkan penempatannya, kali ini akan dibahas juga jenis – jenis aquascape yang ditanam tanpa menggunakan CO2.

Jenis Tanaman Aquascape Low Light (Hidup Tanpa CO2)

Pada umumnya, tanaman aquascape yang tidak membutuhkan CO2 juga merupakan aquascape low light. Sehingga tanaman ini memiliki akar yang sedikit.

Berikut beberapa jenisnya jenis aquascape yang hidup tanpa CO2 dan sedikit cahaya.

Peacock Moss

Peacock Moss (jenis tanaman aquascape)

aquaforestaquarium.com

Ciri dari tanaman ini berbentuk seperti lumut dan memiliki cabang yang cukup banyak menyerupai ekor merak. Pertumbuhannya yang menyebar membuat tanaman ini cocok di jadikan salah satu tanaman karpet aquascape.

Semakin tinggi nilai seninya dalam membuat tanaman karpet aquascape, maka dapat membuat jenis aquascape ini menjadi aquascape termahal.

Meskipun tanaman ini tidak membutuhkan CO2, tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dan memiliki daun yang berwarna hijau.

Java Moss (Taxiphyllum barbieri)

jenis tanaman aquascape Java Moss

fishkeepingword.com

Salah satu media tanam yang dapat digunakan untuk menanam tanaman ini adalah karang ataupun kayu apung. Saat dewasa, tanaman ini menyerupai rumput laut yang memanjang dan berwarna hijau.

Kelebihan tanaman ini adalah bisa hidup pada berbagai kualitas cahaya dengan suhu antara 21 – 32 derajat Celsius.

Christmas Moss

jenis tanaman aquascape Christmas Moss

jagaquatics.com

Bentuk Christmas moss hampir sama dengan peacook moss. Namun, Christmas moss memiliki daun yang lebih kecil dengan pertumbuhannya yang tidak teratur.

Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di atas bebatuan dan karang. Berbeda dengan jenis aquascape tanpa CO2 lainnya, Christmas Moss memerlukan banyak cahaya dalam pertumbuhannya.

Singapore Moss

Jenis tanaman aquascape Singapore Moss

blogspot.com

Singapore Moss memiliki helai daun yang panjang dan longgar dan memiliki cabang yang sama dengan tanaman pada umumnya.

Tanaman ini selain bisa tumbuh tanpa adanya CO2, juga bisa tumbuh di daerah yang memiliki sedikit cahaya atau bisa dikatakan jenis aquascape low light.

Flame Moss

Flame Moss (jenis tanaman aquascape)

azgardens.com

Jika dilihat dari namanya, Flame berasal dari kata bahasa Inggris yang berarti “api”. Diberi nama demikian karena dianggap memiliki bentuk yang mirip seperti lidah api dengan bentuk batang yang mengeliling dan daun yang tumbuh ke atas.

Tanaman ini dapat tumbuh di daerah yang sedikit cahaya dan merupakan tanaman miground aquascape. Flame moss dapat tumbuh dengan baik pada temperatur 18 – 28 derajat Celsius dan media tanam batu ataupun ranting kayu.

Fissiden Moss

Jenis tanaman aquascape Fissiden Moss

tropica.com

Berbeda dengan tanaman aquascape lainnya, tanaman ini berasal dari daerah Amerika Utara sedangkan jika kita lihat kembali kebanyakan tanaman Aquascape kebanyakan berasal dari daerah Amerika Selatan.

Ciri – ciri Fissiden Moss ini memiliki bentuk daun yang kecil dengan tekstur yang lembut dan halus. Agar dapat tumbuh dengan baik, sebaiknya media tanam yang digunakan adalah kayu ataupun batu.

Jenis aquascape ini memang bisa hidup tanpa CO2 tapi jika diberi sedikit CO2 akan tumbuh lebih baik.

Riccia Fluitans

Riccia Fluitans (jenis tanaman aquascape)

onlinequariumpullpen.nl

Jika beberapa aquascape di atas dapat di jadikan tanaman karpet aquascape, untuk jenis Riccia ini merupakan tanaman floating (mengapung).

Tanaman ini biasanya digunakan untuk membuat seni dalam dunia aquascape dengan bentuk yang lebih rumit. Namun, meskipun tanaman ini memiliki kerumitan tersendiri, bukan berarti tanaman ini tidak dapat ditanam dengan mudah.

Ciri khas dari tanaman ini memiliki warna hijau terang berbentuk bulat seperti bola namun berbentuk pipih dan ramping.

Meskipun tanaman ini merupakan tanaman apung tetapi dapat ditanam secara merambat dengan media tanam kayu apung. 

Java Fern

Java Fern (jenis tanaman aquascape)

amazon.com

Tanaman ini bisa ditemukan di Asia Tenggara dan dapat tumbuh mengapung maupun tenggelam di air. Java Fern merupakan tanaman aquascape disekitar kita yang bisa kita temukan di tepi – tepi sungai.

Perawatannya pun cukup mudah dan tidak memerlukan CO2.

Anubias

Anubias (jenis tanaman aquascape)

aquaticsart.com

Anubias dapat tumbuh meskipun tidak diberi CO2. Ia dapat tumbuh mencapai 15 cm dengan warna hijau pekat dan dapat hidup dalam kondisi air apapun.

Karena perawatannya yang cukup mudah dan tidak memerlukan perhatian yang khusu, tanaman ini bisa kita temukan dengan mudah karena merupakan tanaman aquascape disekitar kita.

Lilaeopsis

Jenis tanaman aquascape Lilaeopsis

aquaticmag.com

Pertumbuhan dan bentuk aquascape ini memiliki bentuk yang sama dengan rumput biasa yang biasa tumbuh disekitar rumah kita.

Bedanya tanaman ini dapat tumbuh dengan baik tenggelam di air dan tumbuh menyebar dengan tinggi 5 cm. Karena pertumbuhannya yang cukup cepat, saat menanam tanaman ini harus dilakukan pemangkasan secara berkala dan teratur agar tidak menutupi tanaman aquascape yang lainnya.

Cambomba Caroliniana

Cambomba Caroliniana (jenis tanaman aquascape)

tokopedia.com

Tanaman tanpa CO2 ini dapat dijadikan sebagai tanaman miground aquascape ataupun tanaman background aquascape.

Perawatannya cukup mudah dan dapat tumbuh dengan cepat. Tanaman ini dapat tumbuh pada air dengan suhu 15 – 26 derajat Celsius dan merupakan jenis aquascape low light.

Jenis Tanaman Aquascape di Sawah

Selanjutnya kita akan membahas tanaman aquascape di sawah dan yang biasa kita temukan disekitar kita.

Berikut beberapa jenis aquascape tersebut.

Hygrophila Difformis

Hygrophila Difformis (jenis tanaman aqascape)

ricefamilyquatics.com

Nama lain dari tanaman ini adalah Water Wisteria dan dapat tumbuh dengan baik pada suhu air antara 23 – 28 derajat Celsius.

Tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat dan merupakan salah satu tanaman karpet aquascape.

Aponogeton Ulvaceus

Aponogeton Ulvaceus (jenis tanaman aquascape)

aquariumplants.com

Aponogeton sangat bagus untuk para pemula yang ingin menanamnya. Ciri khas dari tanaman ini terletak pada daunnya yang bergelombang.

Perawatan jenis aquascape ini juga cukup mudah sehingga para pecinta aquascape tidak harus memperhatikannya dengan perhatian yang lebih.

Bucephalandra Black Phantom

Bucephalandra Black Phantom

bucephalandra.com

Tanaman ini berasal dari Kalimantan dan memiliki bentuk yang indah dan menarik. Perawatan dan pertumbuhannya juga cukup mudah. Tanaman ini tergolong jenis aquascape low light dan jenis aquascape tanpa Co2.

Bacopa sp Colorata

Bacopa sp Colorata

aquaticplantcentral.com

Tanaman ini memiliki daun dengan warna merah, sehingga akan meningkatkan daya tarik pada kuarium anda agar tidak dihiasi dengan warna hijau daun saja.

Perawatannya pun cukup mudah dan hanya memerlukan cahaya dan CO2 yang sedang.

Cabomba Caroliniana

Cabomba Caroliniana

aquaticplantcentral.com

Cabomba merupakan tanaman aquascape miground dan background. Ia dapat tumbuh pada suhu air antara 15 – 26 derajat Celsius.

Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan dan sedikit membutuhkan kandungan CO2 dalam perawatannya.

Cryptocoryne Becketti Petchii

Cryptocoryne Becketti Petchii

aquaasabi.com

Jika melihat bentuknya tanaman ini merupakan jenis tanaman yang bisa tumbuh di akuarium cair dan dapat tumbuh dengan cahaya sedikit serta tingkat kesadahan dari mulai rendah hingga tinggi.

Hemianthus Callitrichoides (Jenis Tananam Karpet Aquascape)

Hemianthus Callitrichoides

bubbashrimp.be

Merupakan jenis tanaman karpet aquascape  yang dapat tumbuh dengan intensitas cahaya dan kandungan CO2 yang sedang.

Tanaman ini berasal dari Kuba dan akan terlihat sangat indah jika sudah tumbuh menyebar seperti karpet.

Hygrophila Polysperma

Hygrophila Polysperma

aquasabi.com

Tanaman ini termasuk jenis tanaman emersed (tanaman yang dapat tumbuh dengan sebagian bagiannya tumbuh diatas air dana sebagiannya di dalam air). Tanaman ini juga hanya memerlukan sedikit cahaya dan CO2.

Piptospatha Sp

Piptospatha Sp

s.webry.info

Piptospatha merupakan jenis aquascape yang biasa kita temukan di pinggiran – pinggiran sungai ataupun di pinggiran air terjun.

Biasanya kita menemukannya daalam keadaan menempel di sela – sela bebatuan. Bentuk daun Piptospatha hampir mirip dengan Anubias.

Perawatannya juga cukup mudah, karen atidak memerlukan perhatian khusus dan dapat ditemukan di daerah local Indonesia disekitar wilayah Sumatra, Jawa dan Kalimantan. 

Cryptocoryne Pontederiifolia

Cryptocoryne Pontederiifolia

aquaticsart.com

Cryptocoryn dapat ditemukan di wilayah Sumatra dan Kalimantan dan biasanya tumbuh di tepi – tepi sungai.

Aquascape jenis ini dapat tumbuh dengan baik dengan pemberian cahaya yang sedang dan juga diberi kandungan CO2 yang cukup. Tanaman ini dapat tumbuh mulai dari 5 – 12 cm.

Bacopa Monnieri

Bacopa Monnieri

indiamart.com

Bacoppa hampir dapat kita temukan di tepi – tepi sungai, danau ataupun kolam diseluruh dunia. Tanaman ini sering dikenal dengan nama Dwarf Bacopa, Water Hyssop atau Moneywort.

Tanaman ini juga mudah perawatannya. Hal ini bisa dilihat dari mudah ditemukannya tanaman ini. Untuk perawatannya hanya membutuhkan cahaya yang sedang dan CO2 yang sedang pula.

Bucephalandra Sp

Bucephalandra Sp

aquasabi.com

Tanaman ini masuk dalam famili araceae dengan bentuk daun yang mirip dengan Cryptocoryn. Tanaman ini banyak ditemukan didaerah Kalimantan dan sekitarnya. Perwatannya juga cukup mudah, sehingga cocok untuk para pemula.

Hydrocotyle Sp

Hydrocotyle Sp

shop.platedaquariumscentral.com

Merupakan tanaman liar di Indonesia dengan bentuk daun seperti ginjal dan terdapat belahan pada bagian tepinya. Belahan pada Hydrocotyle dapat digunakan dalam membedakan jenis spesiesnya.

Ada yang memiliki belahan yang dalam, ada juga yang belahannya hanya sedikit. Karena merupakan tanaman liar yang memiliki nilai estetika, maka perwatannya juga cukup mudah. 

Marsilea Crenata

Marsilea Crenata

lelong.my

Biasanya dikenal dengan nama Semanggi. Tanaman ini dapat kita temukan di sawah – sawah, sungai ataupun rawa. Ia juga bisa digunakan sebagai tanaman karpet aquascape dengan perawatan yang murah dan mudah.

Ceratopteris Cornuta

Ceratopteris Cornuta

beliabyaquariums.com

Tanaman ini banyak ditemukan di daerah Asia tak terkecuali Indonesia. Tanaman ini merupakan jenis aquascape yang akan tumbuh dengan baik jika terapung, dan akan menjadi terlambat pertumbuhannya jika ditempelkan pada substrat.

Selain dapat digunakan sebagai tanaman hias aquascape, tanaman ini juga dapat digunakan untuk dimakan sebagi sayuran.

Lindernia Rotundifolia

Lindernia Rotundifolia

pearlings.com

Daunnya berbentuk bulat telur dan berwarna hijau pekat. Tanaman ini dapat kita temukan di rawa, sungai ataupun danau. Untuk pertumbuhannya cukup lambat dan memerlukan banyak cahaya agar tanaman ini dapat tumbuh dengan maksimal.

Homalomena

Homalomena

shop.glassaqua.com

Tanaman ini merupakan tanaman aquascape di sekitar kita yang dapat ditemukan di sungai, danau ataupun gunung.

Selain dapat diguankan sebagai tanaman aquascape, tanaman jenis ini juga dapat diguankan sebagai obat herbal dan menjadi tanaman miground aquascape yang sangat populer di Jepang.

Sehingga tanaman ini berpotensi untuk di ekspor dan dapat dikategorikan aquascape termahal.

Jenis Hama Tanaman Aquascape

Berbagai jenis aquascape telah dijelaskan secara rinci. Selanjutnya akan kami jelaskan beberapa hama yang akan muncul dan mungkin menganggu pertumbuhan serta keindahan dari tanaman aquascape anda yang telah anda tanam.

Berikut beberapa jenis hama aquascape yang perlu anda ketahui.

Hama Planaria

Planaria

jitunews.com

Hewan cacing berbentuk pipih dengan ukuran 0,3 – 1,0 ini biasanya berwarna putih dan berkembang biak dengan sangat cepat dengan cara membelah diri.

Hama aquascape jenis ini, biasanya hanya akan menghuni fauna udang hias. Penyebab munculnya hama ini adalah adanya sisa – sisa makanan yang tidak dibersihkan sehingga dapat mempercepat perkembangbiakan planaria.

Cara penanggulangannya yaitu dengan mengontrol kebersihan kualitas air dari sisa – sisa makanan atau memberikan pemangsa alami seperti ikan cupang.

Selain menggunakan ikan cupang, cara mengatasi hama planaria dapat dilakukan dengan memberi obat cacing khusus. Tetapi cara ini dinilai kurang efektif, karena obat ini juga akan membunuh jenis ikan – ikan kecil lainnya yang tumbuh di akuarium.

Larva Capung

Larva capung

sangkutyfarm.com

Saat capung bertelur diakuarium dan telurnya akan berkembangbiak menjadi larva, maka larva tersebut hanya bisa hidup dia air dan akan memakan daun tanaman aquascape anda.

Sehingga bentuk dari tanaman yang anda rawat tidak lagi indah. Cara pencegahannya cukup mudah, yaitu dengan mengontrol capung tidak masuk di dalam akuarium kita untuk bertelur.

Sedangkan cara mengatasi larva capung yang terlanjur tumbuh di akuarium, adalah dengan cara mengambil larva – larva tersebut agar tidak berkembang di akuarium, sehingga tanaman aquascape tetap terjaga dan tidak semakin rusak.

Siput Hama

Siput Hama

youtube.com

Kenapa disebut siput hama? Karena tidak semua siput akan bertindak sebagai hama pada tanaman aquascape di sekitar kita. Ada siput yang bermanfaat yaitu dengan memakan cacing – cacing planaria.

Namun, ada juga siput yang hanya memakan bagian – bagian dari daun tanaman aquascape anda. Akibatnya tanaman menjadi terganggu fotosintesisnya dan akan menyebabkan kerusakan pada tanaman, sehingga warna dan bentuknya tidak cantik lagi.

Cara paling mudah untuk mencegah adanya hama siput tersebut adalah dengan membersihkan substrat – substrat yang digunakan untuk menanam tanaman karpet aquascape, tanaman miground aquascape, tanaman background aquascape ataupun jenis lain dari aquascape.

Demikian beberapa penjelasan terkait macam macam tanaman aquascape dan beberapa hama yang menganggunya.

Terkait :

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply